Sabtu, 17 Maret 2012

RESUME Kelompok 2 : Perilaku Konsumen

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 07.01

Setelah Kelompok 1 mempresentasikan makalahnya, kemudian kelompok 2, yang mana makalahnya mengenai Perilaku Konsumen.

Perilaku konsumen adalah aktivitas/proses ketika berhubungan dengan pencarian, pemilihan, penggunaan, pembelian, dan pengevaluasian barang/jasa demi memenuhi keinginan maupun kebutuhan.

Jika barang itu misalnya murah, maka pengambilan keputusan konsumen akan lebih mudah, sedangkan untuk barang yang mahal pertimbangannya pun akan semakin matang.
Salah satu perilaku konsumen, Makin besar konsumsinya, maka Kepuasannya pun akan semakin besar.
Jadi misal, kalian pergi ke mall, kalian beli sepatu, beli baju, dan sebagainya, maka kepuasan kalian akan makin bertambah.

Produsen harus memahami perilaku konsumen, guna untuk merancang strategi pasar. Misal di waktu lebaran, orang-orang akan lebih banyak menggunakan transportasi. Maka harga transportasi tsb dinaikkan untuk meraup keuntungan. Atau diturunkan agar dapat menang saing dengan transportasi lainnya.

Kelompok ini kasusnya berupa selera konsumen akan Indomie. Di sini, Indomie di minati karena enak praktis dan mengenyangkan. Berarti konsumen membeli barang jika barang tersebut berguna bagi mereka dan untuk memuaskan keinginan mereka.

Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal berdasarkan dirinya snediri, berdasarkan perilakunya, berdasarkan persepsinya, dsb. Sedangkan faktor eksternal dapat berupa lingkungannya.

Ada pertanyaan yang diajukan Mengapa konsumen lebih berminat dengan barang yang A misal, sedangkan barang yang B lebih murah. Ya, didasari oleh perilaku konsumen tsb, mungkin menurutnya makin mahal barang tsb maka kualitasnya makin bagus. Namun ada juga yang tidak mementingkan kualitas dan mencari yang termurah. Jadi di sini terdapat faktor internal. Dari diri konsumen itu sendiri.

0 komentar on "RESUME Kelompok 2 : Perilaku Konsumen"

Sabtu, 17 Maret 2012

RESUME Kelompok 2 : Perilaku Konsumen


Setelah Kelompok 1 mempresentasikan makalahnya, kemudian kelompok 2, yang mana makalahnya mengenai Perilaku Konsumen.

Perilaku konsumen adalah aktivitas/proses ketika berhubungan dengan pencarian, pemilihan, penggunaan, pembelian, dan pengevaluasian barang/jasa demi memenuhi keinginan maupun kebutuhan.

Jika barang itu misalnya murah, maka pengambilan keputusan konsumen akan lebih mudah, sedangkan untuk barang yang mahal pertimbangannya pun akan semakin matang.
Salah satu perilaku konsumen, Makin besar konsumsinya, maka Kepuasannya pun akan semakin besar.
Jadi misal, kalian pergi ke mall, kalian beli sepatu, beli baju, dan sebagainya, maka kepuasan kalian akan makin bertambah.

Produsen harus memahami perilaku konsumen, guna untuk merancang strategi pasar. Misal di waktu lebaran, orang-orang akan lebih banyak menggunakan transportasi. Maka harga transportasi tsb dinaikkan untuk meraup keuntungan. Atau diturunkan agar dapat menang saing dengan transportasi lainnya.

Kelompok ini kasusnya berupa selera konsumen akan Indomie. Di sini, Indomie di minati karena enak praktis dan mengenyangkan. Berarti konsumen membeli barang jika barang tersebut berguna bagi mereka dan untuk memuaskan keinginan mereka.

Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal berdasarkan dirinya snediri, berdasarkan perilakunya, berdasarkan persepsinya, dsb. Sedangkan faktor eksternal dapat berupa lingkungannya.

Ada pertanyaan yang diajukan Mengapa konsumen lebih berminat dengan barang yang A misal, sedangkan barang yang B lebih murah. Ya, didasari oleh perilaku konsumen tsb, mungkin menurutnya makin mahal barang tsb maka kualitasnya makin bagus. Namun ada juga yang tidak mementingkan kualitas dan mencari yang termurah. Jadi di sini terdapat faktor internal. Dari diri konsumen itu sendiri.

0 komentar:

 

CHEER UP!! がんばって~ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal