Senin, 03 Juni 2013

CONTOH PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 20.27
Judul : Pembelajaran Piano Tingkat Elementer

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Di zaman sekarang musik sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan masyarakat. Berbagai macam jenis musik yang diketahui, diantaranya musik jazz, pop, rock dan lain-lain. Musik tidak hanya berperan sebagai hiburan, tapi juga memiliki peran penting terutama bagi anak, karena dapat memberikan manfaat diantaranya merangsang pikiran, memperbaiki konsentrasi dan ingatan, meningkatkan aspek kognitif, serta membangun kecerdasan emosional.
Biasanya musik tidak pernah lepas dari alat yang digunakannya seperti gitar, drum, piano, dan sebagainya. Setiap alat musik memiliki ciri khas suara musik tersendiri. Walau memainkan nada-nada yang sama, suara yang dihasilkan dari setiap alat musik tentu berbeda.
Piano menjadi salah satu alat musik yang paling baik untuk diajarkan kepada anak. Belajar piano dapat merangsang saraf motorik dan keseimbangan otak kanan dan kiri, yang berarti menyeimbangkan perkembangan aspek intelektual dan emosional, sehingga memiliki peran penting untuk pertumbuhan anak. Anak yang ingin mempelajari piano tentu membutuhkan suatu pembelajaran musik beserta pembelajaran piano. Namun pembelajaran musik seringkali disepelekan, pembelajaran yang ada umumnya hanya secara face-to-face.
Pembelajaran musik secara face-to-face sering kali terdapat kendala, seperti susahnya menyesuaikan jadwal antara pengajar dan murid. Dapat juga dipengaruhi dengan kondisi lingkungan yang kurang kondusif sehingga materi kurang tersampaikan secara jelas. Bahkan ketidakcocokan antara pengajar dan murid yang berakibat penurunan minat belajar.
 Beberapa pengajar juga masih mempercayakan media pembelajaran menggunakan buku. Selain media buku akan lebih cepat rusak dan sobek, media buku yang ada tidak disertai suara maupun animasi sehingga menimbulkan kebosanan pada anak. Agar pembelajaran alat musik bagi anak berkembang dengan baik, maka diperlukan suatu peningkatan baik cara, intensitas dan media belajar.
Berdasarkan masalah tersebut dibuatlah aplikasi pembelajaran piano secara mandiri menggunakan komputer. Aplikasi ini dapat memberi kesempatan atau alternatif lain pada siapapun untuk memulai belajar tentang musik tersebut tanpa harus merasa malu dan dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan waktu yang dimiliki user. Aplikasi pembelajaran piano akan dibuat secara interaktif dan menarik, dan disertai suara, animasi lucu serta virtual piano.

Batasan Masalah
Penulisan ilmiah ini hanya membatasi permasalahan untuk pembelajaran piano tingkat dasar atau elementer  yang ditujukan kepada anak umur 8 sampai 10 tahun. Virtual tuts piano yang ditampilkan hanya nada 1 1/2 oktaf. Aplikasi pembelajaran ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS5.

Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk membuat aplikasi pembelajaran piano dasar, sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pendukung dalam proses belajar alat musik piano bagi beginner.


LANDASAN TEORI 

Sekilas Mengenai Piano
Asal mula kata piano sebenarnya adalah pianoforte, yang berasal dari bahasa Italia. Piano dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an. Awal mula piano diciptakan, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengar pada abad 20-an. Pasalnya, tegangan tuts piano kala itu tidaklah sekuat piano yang sekarang. Kini, piano pertama tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York. Seperti pada banyak penemuan yang lainnya, piano ditemukan berdasarkan penemuan teknologi. Asal muasalnya, piano dikembangkan dari alat musik kecapi. Perbedaannya, kecapi dimainkan dengan dipetik. Sedangkan piano ditekan tuts-tutsnya.

 Mengenai E-Learning
Definisi  E-learning sangat beragam yang mungkin satu sama lain berbeda, namun  satu hal yang sama tentang E-learning atau electronic learning adalah  pembelajaran melalui jasa bantuan elektronika. Pada dasarnya E-learning  adalah pembelajaran yang merepresentasikan keseluruhan kategori  pembelajaran yang berbasis teknologi. Sementara pembelajaran online atau  juga pembelajaran berbasis web adalah bagian dari E-learning.
Namun  seiring perkembangan teknologi dan terjadinya pergeseran konten dan  adaptivity, saat ini definisi klasik E-learning tersebut mengalami  perubahan menjadi definisi yang lebih kontemporer, yakni suatu  pengelolaan pembelajaran melalui media internet atau web yang meliputi  aspek-aspek materi, evaluasi, interaksi, komunikasi dan kerjasama  (Surjono,2009).
Saat ini E-learning bahkan merupakan salah satu  alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah pendidikan, terlebih  setelah fasilitas yang mendukung pelaksanaan E-learning seperti  internet, komputer, listrik, telepon dan hardware dan software lainnya  tersedia dalam harga yang relatif terjangkau, maka E-learning sebagai  alat bantu pembelajaran menjadi semakin banyak diminati. Di samping itu,  istilah E-learning meliputi berbagai aplikasi dan proses seperti  computer-based learning, web-based learning, virtual classroom, dll;  sementara itu pembelajaran online adalah bagian dari pembelajaran  berbasis teknologi yang memanfaatkan sumber daya internet, intranet, dan  extranet.

Pengenalan Multimedia
Multimedia adalah salah satu cara untuk merepresentasikan informasi secara singkat dan terarah sehingga dapat dengan mudah dimengerti. Salah satu alasan mengapa multimedia sangat popular adalah karena informasi – informasi yang disajikan dengan menggunakan multimedia ditampilkan dalam bentuk yang menarik, dan dipresentasikan dalam satu format (satu media), serta juga informasi yang akan diberikan telah mencakup beberapa elemen komunikasi yang sudah dimengerti dan lebih menarik karena masing – masing elemennya saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
Elemen-elemen multimedia meliputi teks, gambar, suara, animasi, dan sebagainya. Di dalam aplikasi, keseluruhan elemen tersebut disatukan hingga membentuk satu kesatuan aplikasi yang harmonis.
1.                  1. Teks
            Teks merupakan elemen dasar dari seluruh program pengolah kata juga aplikasi multimedia, digunakan untuk menjabarkan atau menyampaikan informasi tertentu. Teks tersusun dari beberapa symbol, abjad besar dan kecil, serta angka.

2. Gambar
Gambar merupakan elemen penting setelah teks karena dengan gambar dapat menjelaskan suatu informasi secara lebih luas daripada hanya dengan menggunakan teks.

3.                 3.  Suara
Elemen suara  ini menyempurnakan aplikasi multimedia dengan kemampuan audionya, jika elemen lain memberikan informasi kepada pengguna dengan menggunakan indra penglihatan maka elemen suara ini akan menggunakan indra pendengaran. Tipe suara yang dapat digunakan yaitu MP3.

4.  Animasi
Animasi adalah urutan gambar atau image yang ditampilkan secara berurutan sehingga akan menimbulkan kesan gambar tersebut bergerak, kesan bergerak ini didapat akibat adanya peralihan dari satu gambar ke gambar lainnya dalam satuan waktu yang disebut dengan frame per second (fps) dalam pengertian ada beberapa jumlah frame yang berupa gambar atau image untuk satu detik animasi. Dalam arti lain animasi adalah persepsi yang terjadi akibat perpindahan frame dalam satu waktu.

PENUTUP

Kesimpulan
Dengan adanya aplikasi pembelajaran piano ini memberikan kemudahan dalam penyampaian pembelajaran piano bagi anak yang ingin belajar piano. Kelebihan dari aplikasi yang dibuat ini yaitu adanya animasi dan suara serta piano virtual dibandingkan dengan buku-buku yang hanya berupa teks dan gambar.

Saran
Namun pembuatan CD interaktif Pembelajaran Piano ini merupakan aplikasi yang sangat sederhana dan masih jauh dari sempurna. Aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu tuts piano yang ditampilkan hanya 1 oktaf setengah dan animasi yang ada hanyalah animasi sederhana. Sehingga aplikasi pembelajaran ini dapat dikembangkan menjadi lebih menarik lagi.

0 komentar on "CONTOH PROPOSAL PENULISAN ILMIAH"

Senin, 03 Juni 2013

CONTOH PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

Judul : Pembelajaran Piano Tingkat Elementer

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Di zaman sekarang musik sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan masyarakat. Berbagai macam jenis musik yang diketahui, diantaranya musik jazz, pop, rock dan lain-lain. Musik tidak hanya berperan sebagai hiburan, tapi juga memiliki peran penting terutama bagi anak, karena dapat memberikan manfaat diantaranya merangsang pikiran, memperbaiki konsentrasi dan ingatan, meningkatkan aspek kognitif, serta membangun kecerdasan emosional.
Biasanya musik tidak pernah lepas dari alat yang digunakannya seperti gitar, drum, piano, dan sebagainya. Setiap alat musik memiliki ciri khas suara musik tersendiri. Walau memainkan nada-nada yang sama, suara yang dihasilkan dari setiap alat musik tentu berbeda.
Piano menjadi salah satu alat musik yang paling baik untuk diajarkan kepada anak. Belajar piano dapat merangsang saraf motorik dan keseimbangan otak kanan dan kiri, yang berarti menyeimbangkan perkembangan aspek intelektual dan emosional, sehingga memiliki peran penting untuk pertumbuhan anak. Anak yang ingin mempelajari piano tentu membutuhkan suatu pembelajaran musik beserta pembelajaran piano. Namun pembelajaran musik seringkali disepelekan, pembelajaran yang ada umumnya hanya secara face-to-face.
Pembelajaran musik secara face-to-face sering kali terdapat kendala, seperti susahnya menyesuaikan jadwal antara pengajar dan murid. Dapat juga dipengaruhi dengan kondisi lingkungan yang kurang kondusif sehingga materi kurang tersampaikan secara jelas. Bahkan ketidakcocokan antara pengajar dan murid yang berakibat penurunan minat belajar.
 Beberapa pengajar juga masih mempercayakan media pembelajaran menggunakan buku. Selain media buku akan lebih cepat rusak dan sobek, media buku yang ada tidak disertai suara maupun animasi sehingga menimbulkan kebosanan pada anak. Agar pembelajaran alat musik bagi anak berkembang dengan baik, maka diperlukan suatu peningkatan baik cara, intensitas dan media belajar.
Berdasarkan masalah tersebut dibuatlah aplikasi pembelajaran piano secara mandiri menggunakan komputer. Aplikasi ini dapat memberi kesempatan atau alternatif lain pada siapapun untuk memulai belajar tentang musik tersebut tanpa harus merasa malu dan dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan waktu yang dimiliki user. Aplikasi pembelajaran piano akan dibuat secara interaktif dan menarik, dan disertai suara, animasi lucu serta virtual piano.

Batasan Masalah
Penulisan ilmiah ini hanya membatasi permasalahan untuk pembelajaran piano tingkat dasar atau elementer  yang ditujukan kepada anak umur 8 sampai 10 tahun. Virtual tuts piano yang ditampilkan hanya nada 1 1/2 oktaf. Aplikasi pembelajaran ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS5.

Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk membuat aplikasi pembelajaran piano dasar, sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pendukung dalam proses belajar alat musik piano bagi beginner.


LANDASAN TEORI 

Sekilas Mengenai Piano
Asal mula kata piano sebenarnya adalah pianoforte, yang berasal dari bahasa Italia. Piano dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an. Awal mula piano diciptakan, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengar pada abad 20-an. Pasalnya, tegangan tuts piano kala itu tidaklah sekuat piano yang sekarang. Kini, piano pertama tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York. Seperti pada banyak penemuan yang lainnya, piano ditemukan berdasarkan penemuan teknologi. Asal muasalnya, piano dikembangkan dari alat musik kecapi. Perbedaannya, kecapi dimainkan dengan dipetik. Sedangkan piano ditekan tuts-tutsnya.

 Mengenai E-Learning
Definisi  E-learning sangat beragam yang mungkin satu sama lain berbeda, namun  satu hal yang sama tentang E-learning atau electronic learning adalah  pembelajaran melalui jasa bantuan elektronika. Pada dasarnya E-learning  adalah pembelajaran yang merepresentasikan keseluruhan kategori  pembelajaran yang berbasis teknologi. Sementara pembelajaran online atau  juga pembelajaran berbasis web adalah bagian dari E-learning.
Namun  seiring perkembangan teknologi dan terjadinya pergeseran konten dan  adaptivity, saat ini definisi klasik E-learning tersebut mengalami  perubahan menjadi definisi yang lebih kontemporer, yakni suatu  pengelolaan pembelajaran melalui media internet atau web yang meliputi  aspek-aspek materi, evaluasi, interaksi, komunikasi dan kerjasama  (Surjono,2009).
Saat ini E-learning bahkan merupakan salah satu  alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah pendidikan, terlebih  setelah fasilitas yang mendukung pelaksanaan E-learning seperti  internet, komputer, listrik, telepon dan hardware dan software lainnya  tersedia dalam harga yang relatif terjangkau, maka E-learning sebagai  alat bantu pembelajaran menjadi semakin banyak diminati. Di samping itu,  istilah E-learning meliputi berbagai aplikasi dan proses seperti  computer-based learning, web-based learning, virtual classroom, dll;  sementara itu pembelajaran online adalah bagian dari pembelajaran  berbasis teknologi yang memanfaatkan sumber daya internet, intranet, dan  extranet.

Pengenalan Multimedia
Multimedia adalah salah satu cara untuk merepresentasikan informasi secara singkat dan terarah sehingga dapat dengan mudah dimengerti. Salah satu alasan mengapa multimedia sangat popular adalah karena informasi – informasi yang disajikan dengan menggunakan multimedia ditampilkan dalam bentuk yang menarik, dan dipresentasikan dalam satu format (satu media), serta juga informasi yang akan diberikan telah mencakup beberapa elemen komunikasi yang sudah dimengerti dan lebih menarik karena masing – masing elemennya saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
Elemen-elemen multimedia meliputi teks, gambar, suara, animasi, dan sebagainya. Di dalam aplikasi, keseluruhan elemen tersebut disatukan hingga membentuk satu kesatuan aplikasi yang harmonis.
1.                  1. Teks
            Teks merupakan elemen dasar dari seluruh program pengolah kata juga aplikasi multimedia, digunakan untuk menjabarkan atau menyampaikan informasi tertentu. Teks tersusun dari beberapa symbol, abjad besar dan kecil, serta angka.

2. Gambar
Gambar merupakan elemen penting setelah teks karena dengan gambar dapat menjelaskan suatu informasi secara lebih luas daripada hanya dengan menggunakan teks.

3.                 3.  Suara
Elemen suara  ini menyempurnakan aplikasi multimedia dengan kemampuan audionya, jika elemen lain memberikan informasi kepada pengguna dengan menggunakan indra penglihatan maka elemen suara ini akan menggunakan indra pendengaran. Tipe suara yang dapat digunakan yaitu MP3.

4.  Animasi
Animasi adalah urutan gambar atau image yang ditampilkan secara berurutan sehingga akan menimbulkan kesan gambar tersebut bergerak, kesan bergerak ini didapat akibat adanya peralihan dari satu gambar ke gambar lainnya dalam satuan waktu yang disebut dengan frame per second (fps) dalam pengertian ada beberapa jumlah frame yang berupa gambar atau image untuk satu detik animasi. Dalam arti lain animasi adalah persepsi yang terjadi akibat perpindahan frame dalam satu waktu.

PENUTUP

Kesimpulan
Dengan adanya aplikasi pembelajaran piano ini memberikan kemudahan dalam penyampaian pembelajaran piano bagi anak yang ingin belajar piano. Kelebihan dari aplikasi yang dibuat ini yaitu adanya animasi dan suara serta piano virtual dibandingkan dengan buku-buku yang hanya berupa teks dan gambar.

Saran
Namun pembuatan CD interaktif Pembelajaran Piano ini merupakan aplikasi yang sangat sederhana dan masih jauh dari sempurna. Aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu tuts piano yang ditampilkan hanya 1 oktaf setengah dan animasi yang ada hanyalah animasi sederhana. Sehingga aplikasi pembelajaran ini dapat dikembangkan menjadi lebih menarik lagi.

0 komentar:

 

CHEER UP!! がんばって~ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal