Jumat, 24 Juni 2011

Ada (Ada Saja) di Jepang!

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 21.27 0 komentar Link ke posting ini
Hhhaha,, bukannya mengada-ada, tapi memang banyak hal unik yang beneran ada di Jepang! Jadi, apa yang gue ato lo pada baca di komik, bisa jadi kenyataan di kehidupan sehari-hari warga negara Jepang.
Biar gue sebutin, tpi gak semuanya lah,, soalnya memang banyak kan ;)
Giat Olahraga Pagi

Di beberapa film yang bersetting negri Jepang (ex: Heroes) ato komik-komik Jepang, sering terlihat kan adegan di mana karyawan kantor ato murid sekolah melakukan senam pagi sebelum masuk. Nah, adegan itu bukan rekaan. Memaaang, di Indonesia juga ada siiih, tapi senam ini sudah merupakan kebiasaan yang ada sejak zaman dulu pada negri Jepang! Pada tahun 1928, program olahraga (senam) mulai diputar di radio NHK tiap pukul 06.30. Kemudian olahraga pagi itu dengan cepat populer dan dikenal dengan istilah rajio taiso yang artinya senam radio.

Cuti Patah Hati

Udah pernah merasakan patah hati? Kalo gue sih beloomm*kena jitak 
Nah, di Jepang, sakitnya patah hati amat sangat disadari bangeeet,, Makanya, ada beberapa perusahaan yang sengaja memberikan jatah CUTI PUTUS CINTA untuk karyawannya. Soalnya, menurut buku tatang sutarma eh salah, menurut salah satu CEO perusahaan tsb, efek patah hati itu mirip dengan ketika jatuh sakit! makanya perlu istirahat sejenak,,, hmmmmmm,,,*langsung istirahat
Dan lucunya lagi nih, jumlah hari "hearthache leave" nya berbeda-beda, lho! Staf yang berusia 20-24 tahun bisa mengambil cuti satu hari dalam setahun, 25-29 tahun 2 hari dalam setahun, sedangkan usia 30 tahun ke atas mendapat jatah 3 hari. Itu dikarenakan orang yang lebih muda dinilai lebih cepat pulih jika mengalami putus cinta.
Tapi peraturan ini enggak berlaku di sekolah,, kalau berlaku mah,, lo pada bisa bayangin sendiri,,

Sale Morning-Off

Nahhh,, ini dia nihh,, aturan yang paling disukai cewek di seluruh dunia! Dua kali dalam setahun beberapa perusahaan di Jepang memberikan izin untuk masuk setengah hari, supaya para pegawai bisa menikmati musim sale. Ya ampuun, tiap "Sale Shopping Leave" nih, pegawai bisa melewati paginya dengan berburu belanjaan, dan baru masuk kantor setelah setengah hari alias makan siang. Jadinya mereka gak ketinggalan deh kalo ada sale besar-besaran *yang baca pada gigit sapu tangan
Serunya lagi, di siang hari biasanya kantor akan penuh dengan barang belanjaan, dan para pegawai bisa bebas berdiskusi mengenai hasil "buruannya" tsb! *yang baca pada gigit tangan

Saatnya Tidur Siang!

Gimana kalo ada sekolah yang memperbolehkan muridnya tidur siang?? Waduuuh,, wuenak tenann,, Bagi pelajar Jepang hal itu bukan impian lagi,,*cih
Lho? Bukannya orang Jepang dikenal amat sangat giat?
Memang,, namun kini mereka justru menganggap istirahat sebagai pengisi "amunisi energi" untuk melanjutkan aktivitas. Enggak heran, banyak sekolah dan kantor memberlakukan jam khusus tidur siang alias "Power Nap" selama 15-30 menit. 
Bukannya Rasulullah SAW juga menganjurkan tidur siang bukan? ;)
Tidur siang tsb biasanya berlangsung setelah makan siang *wah,iyadah, ngantuk bgt itu
di dalam kelas atau ruang kantor. Nah, kalau ingin lebih maknyus lagi, mereka bisa datang ke KLUB TIDUR SIANG yang menyediakan kasur empuk dan cemilan pengantar tidur, dengan biaya kurang dari 5$ tiap kali tidur. *ayuk bawa bantal, kita buka bisnis klub tidur siang, dijamin laris!
Ada juga istilah Inemuri alias tidur sesaat ketika bekerja, yang dianggap sangat baik. Soalnya kan kelihatannya tuh orang pekerja keras sampe kurang tidur,, *padahal mah nonton bola
Yaaa.... begitulah! Ada-ada sajaaa,,,
Tapi, coba kalian pikir, kenapa beberapa perusahaan di Jepang menerapkan aturan-aturan tsb? 
Kenapa?
Karenaaa istirahat mereka juga sebanding dengan pekerjaan mereka,, saat jam kerja mereka pasti lebih keras sehingga di buatlah aturan tsb. Dan hasil pekerjaan mereka pun harus lebih bagus,,,
Nah, warga Indonesia jangan pada ngiri dulu, mau gak ada aturan begituan tapi pekerjaan elu harus di forsir bgt,, hhaha
Nah, warga Indonesia, otak dan badan jangan terlalu dipaksain, manfaatkan weekend Oke, Guys~ ;)








Senin, 06 Juni 2011

Langit Amat Sangat Biruu~ Hari yang Cerah!!

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 12.29 0 komentar Link ke posting ini
Sebenarnya ini udh lama,, jumat kemarin lah,, tapi bru gue post,,
Hari Jumat itu, karena gue puasa, gue baru bangun dan keluar dari kamar sekitar jam 9 an,, (hhe)
Begitu keluar dari kamar, gue langsung ke beranda rumah,,, dann,, WOWOWOWO,,,
Langitnya ceraaaaahhhh,,,, iiih,,, paling seneng deh dengan langit cerah ^_^,, Sinar mentari nya juga enak bgt,,,
Tanpa pikr panjang, gue langsung ambil hp, jepret2 sana sini,,
Awalnya sih gue poto2 sendiri deket anggrek2,, tpi,,,, ah,,, objek terlalu jelek,
gue ajak aja adik2 gue jalan2,, gue potret mereka sambil main,,

















Affan dengan raket bulutangkis dan mainan burungnya, Echa dengan buku paket(anak rajin besok senin ujian) dan mainan burungnya juga, dan Faiza dengan susu kotak dan boneka bayi2annya ^o^
I LOVE SUMMER <3

Layaknya Di Puncakk,,, ^o^

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 11.23 0 komentar Link ke posting ini
"Bangun Pil!"
Nggg,, Buseng dah si Om,, baru aja tidur lagi abis sahur puasa Rajab
"Aaah,,, ngantukk ah"
Dengan (tidak sopan) Om Po melemparkan bantal guling yg sebesar bagong(masih baru soalnya, masih belum kempis) ke gue,,
 "Ka filza Bangun coba!!", adik w ikut2an,,
Apaan sih emang,,,
"Dingin,,," kata gue sambil narik selimut
"Eh, bangun! Fenomena Alam ini!"
KLIP
Gue langsung bangun,, Fenomena Alam?
"Iya, kabutnya banyak bgtt" jelas adik gue Echa dengan suara ceriwisnya
Dan JEjejJENG! Wowowo,,, begitu gue melihat di luar semuanyaaa putiiiiih!! Rumah tetangga2 aja ampe gak keliatan,,
"W,,,what?? Gak biasanya kabut turun setebel ini" Gue langsung wowowowow trus,,
"Ayo kita poto2,, ke taman sana,, Pos satpam aja ampe gak keliatan", ajak Om sambil ngambil kunci mobil dan mulai starter.
"OOOh,,, oce oce,," dengan kedinginan gue juga ngambil hp di kamar
Dan kami pun masuk ke dalam mobil dengan berisik,,apalagi si faiza, yg paling kecil, bawel amat,,n tak lupa pamit dulu ama tante yg lagi bikin kue,,
Wowwwoowow,, di sepanjang jalan kabut2nya banyak lagi,,, putiiiiiiiiih semuaaaa,,,
"eh eh ada hitam2 apa ituuu??"
"Uwaaaa!!! ada Malaikat Mautt!", canda adik cowo gue, si Affan,, Orang-orang yang berjalan di kejauhan pun hanya tampak sebagai "malaikat maut" hhhaha
Dan sesi foto pun di mulaaiiii


Begitulah sesi bak di puncak nyaaa,, kami keliling2 n poto2 ampe matahari menampakkan dirinya.
Nahh,, kalian pasti(mungkin) bertanya2,, mana si piljehnyaa??
Hhhe,, w lgi gak pake kerudung bo,,lupa,, jdi kga bsa dah w publikasikan,,, Ouuu Tidak Bisaaa~ (padahal udh narsis TT^TT hix )
NB : Pulangnya bobo lagi

Jumat, 03 Juni 2011

PERKEMBANGAN TIK DI UNIVERSITASKU... UNIV. GUNADARMA

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 14.41 0 komentar Link ke posting ini
Pada akhir-akhir ini, berbagai perkembangan yang terjadi memang cukup menakjubkan, khususnya dalam bidang teknologi terutama dalam hal informasi dan komunikasi.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh, diantaranya terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Jika jaman dahulu pembelajaran hanya lewat media papan tulis dan buku paket, kini telah terjadi beberapa perubahan.
Ada 5 pergeseran dalam proses pembelajaran :
  1.  dari pelatihan ke penampilan
  2. dari ruang kelas ke dimana saja dan kapan saja
  3. dari kertas ke online atau saluran
  4. fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
  5. dari waktu siklus ke waktu nyata
Komunikasi sebagai media pendidikan tidak lagi hanya melalui hubungan tatap muka, tetapi dilakukan dengan media komunikasi seperti komputer, internet, telepon, e-mail, dsb. Siswa/Mahasiswa pun dapat mendapatkan informasi dalam lingkup yang lebih luas dari berbagai sumber melalui cyberspace atau ruang maya melalui komputer dan internet.


Semua tempat pendidikan baik sekolah tingkat dasar, menengah, tinggi hingga universitas telah mengalami perkembangan TIK tsb, begitu pula Universitas Gunadarma. Universitas Gunadarma memiliki Fasilitas TIK yang patut dikagumi oleh badan nasional maupun internasional di kalangan Universitas Swasta lainnya.
Seperti cyber teaching atau pengajaran maya atau istilah yang lebih populer ialah e-learning, melalui situs http://elearning.gunadarma.ac.id Dengan pembelajaran virtual tsb jangkauan pembelajaran akan lebih luas.

Perkembangan TIK tidak hanya di bagian akademik/pembelajaran saja, melainkan juga dalam mengurus administrasi Mahasiswa,dalam mengetahui jadwal maupun info-info berkaitan dengan Universitas, sehingga akan lebih efektif. Berikut situs-situs Gunadarma :

Situs-situs di atas menunjukkan bahwa perkembangan TIK di Universitas Gunadarma mencakup seluruh kegiatan di kampus yang dapat memudahkan Mahasiswa dan para dosen.

Sebagai tanggapan positip atas perkembangan TIK, Universitas Gunadarma telah banyak memberikan apresiasinya untuk mengikuti perkembangan teknologi masa kini yang semakin berkembang pesat , setiap tahunnya,selama 30 tahun ini, Universitas Gunadarma mengembangkan dan membuat teknologi yang baru demi menunjang pembelajaran untuk mahasiswanya. Hal ini sangat sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Gunadarma itu sendiri. Seperti :
  • pemasangan backbone Fiber Optics,
  • pemasangan Wifi, 
  • Pemasangan fasilitas Video Confference, 
  • Penyediaan fasilitas Internet Loung,  
  • di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone, 
  • Integrates Lab / Remote Lab yang dikenal dengan I-LAB,  
  • peluncuran fasilitas baru “UG One-Click” 

Demikianlah, betapa peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan memang sangat besar, khususnya dalam hal penunjang proses belajar-mengajar dan efisiensi pekerjaan akademik maupun administratif. Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan sudah selayaknya mampu untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang berbagai aktivitasnya. Dan Universitas Gunadarma telah mampu melaksanakannya.

    Jumat, 24 Juni 2011

    Ada (Ada Saja) di Jepang!

    Hhhaha,, bukannya mengada-ada, tapi memang banyak hal unik yang beneran ada di Jepang! Jadi, apa yang gue ato lo pada baca di komik, bisa jadi kenyataan di kehidupan sehari-hari warga negara Jepang.
    Biar gue sebutin, tpi gak semuanya lah,, soalnya memang banyak kan ;)
    Giat Olahraga Pagi

    Di beberapa film yang bersetting negri Jepang (ex: Heroes) ato komik-komik Jepang, sering terlihat kan adegan di mana karyawan kantor ato murid sekolah melakukan senam pagi sebelum masuk. Nah, adegan itu bukan rekaan. Memaaang, di Indonesia juga ada siiih, tapi senam ini sudah merupakan kebiasaan yang ada sejak zaman dulu pada negri Jepang! Pada tahun 1928, program olahraga (senam) mulai diputar di radio NHK tiap pukul 06.30. Kemudian olahraga pagi itu dengan cepat populer dan dikenal dengan istilah rajio taiso yang artinya senam radio.

    Cuti Patah Hati

    Udah pernah merasakan patah hati? Kalo gue sih beloomm*kena jitak 
    Nah, di Jepang, sakitnya patah hati amat sangat disadari bangeeet,, Makanya, ada beberapa perusahaan yang sengaja memberikan jatah CUTI PUTUS CINTA untuk karyawannya. Soalnya, menurut buku tatang sutarma eh salah, menurut salah satu CEO perusahaan tsb, efek patah hati itu mirip dengan ketika jatuh sakit! makanya perlu istirahat sejenak,,, hmmmmmm,,,*langsung istirahat
    Dan lucunya lagi nih, jumlah hari "hearthache leave" nya berbeda-beda, lho! Staf yang berusia 20-24 tahun bisa mengambil cuti satu hari dalam setahun, 25-29 tahun 2 hari dalam setahun, sedangkan usia 30 tahun ke atas mendapat jatah 3 hari. Itu dikarenakan orang yang lebih muda dinilai lebih cepat pulih jika mengalami putus cinta.
    Tapi peraturan ini enggak berlaku di sekolah,, kalau berlaku mah,, lo pada bisa bayangin sendiri,,

    Sale Morning-Off

    Nahhh,, ini dia nihh,, aturan yang paling disukai cewek di seluruh dunia! Dua kali dalam setahun beberapa perusahaan di Jepang memberikan izin untuk masuk setengah hari, supaya para pegawai bisa menikmati musim sale. Ya ampuun, tiap "Sale Shopping Leave" nih, pegawai bisa melewati paginya dengan berburu belanjaan, dan baru masuk kantor setelah setengah hari alias makan siang. Jadinya mereka gak ketinggalan deh kalo ada sale besar-besaran *yang baca pada gigit sapu tangan
    Serunya lagi, di siang hari biasanya kantor akan penuh dengan barang belanjaan, dan para pegawai bisa bebas berdiskusi mengenai hasil "buruannya" tsb! *yang baca pada gigit tangan

    Saatnya Tidur Siang!

    Gimana kalo ada sekolah yang memperbolehkan muridnya tidur siang?? Waduuuh,, wuenak tenann,, Bagi pelajar Jepang hal itu bukan impian lagi,,*cih
    Lho? Bukannya orang Jepang dikenal amat sangat giat?
    Memang,, namun kini mereka justru menganggap istirahat sebagai pengisi "amunisi energi" untuk melanjutkan aktivitas. Enggak heran, banyak sekolah dan kantor memberlakukan jam khusus tidur siang alias "Power Nap" selama 15-30 menit. 
    Bukannya Rasulullah SAW juga menganjurkan tidur siang bukan? ;)
    Tidur siang tsb biasanya berlangsung setelah makan siang *wah,iyadah, ngantuk bgt itu
    di dalam kelas atau ruang kantor. Nah, kalau ingin lebih maknyus lagi, mereka bisa datang ke KLUB TIDUR SIANG yang menyediakan kasur empuk dan cemilan pengantar tidur, dengan biaya kurang dari 5$ tiap kali tidur. *ayuk bawa bantal, kita buka bisnis klub tidur siang, dijamin laris!
    Ada juga istilah Inemuri alias tidur sesaat ketika bekerja, yang dianggap sangat baik. Soalnya kan kelihatannya tuh orang pekerja keras sampe kurang tidur,, *padahal mah nonton bola
    Yaaa.... begitulah! Ada-ada sajaaa,,,
    Tapi, coba kalian pikir, kenapa beberapa perusahaan di Jepang menerapkan aturan-aturan tsb? 
    Kenapa?
    Karenaaa istirahat mereka juga sebanding dengan pekerjaan mereka,, saat jam kerja mereka pasti lebih keras sehingga di buatlah aturan tsb. Dan hasil pekerjaan mereka pun harus lebih bagus,,,
    Nah, warga Indonesia jangan pada ngiri dulu, mau gak ada aturan begituan tapi pekerjaan elu harus di forsir bgt,, hhaha
    Nah, warga Indonesia, otak dan badan jangan terlalu dipaksain, manfaatkan weekend Oke, Guys~ ;)








    Senin, 06 Juni 2011

    Langit Amat Sangat Biruu~ Hari yang Cerah!!

    Sebenarnya ini udh lama,, jumat kemarin lah,, tapi bru gue post,,
    Hari Jumat itu, karena gue puasa, gue baru bangun dan keluar dari kamar sekitar jam 9 an,, (hhe)
    Begitu keluar dari kamar, gue langsung ke beranda rumah,,, dann,, WOWOWOWO,,,
    Langitnya ceraaaaahhhh,,,, iiih,,, paling seneng deh dengan langit cerah ^_^,, Sinar mentari nya juga enak bgt,,,
    Tanpa pikr panjang, gue langsung ambil hp, jepret2 sana sini,,
    Awalnya sih gue poto2 sendiri deket anggrek2,, tpi,,,, ah,,, objek terlalu jelek,
    gue ajak aja adik2 gue jalan2,, gue potret mereka sambil main,,

















    Affan dengan raket bulutangkis dan mainan burungnya, Echa dengan buku paket(anak rajin besok senin ujian) dan mainan burungnya juga, dan Faiza dengan susu kotak dan boneka bayi2annya ^o^
    I LOVE SUMMER <3

    Layaknya Di Puncakk,,, ^o^

    "Bangun Pil!"
    Nggg,, Buseng dah si Om,, baru aja tidur lagi abis sahur puasa Rajab
    "Aaah,,, ngantukk ah"
    Dengan (tidak sopan) Om Po melemparkan bantal guling yg sebesar bagong(masih baru soalnya, masih belum kempis) ke gue,,
     "Ka filza Bangun coba!!", adik w ikut2an,,
    Apaan sih emang,,,
    "Dingin,,," kata gue sambil narik selimut
    "Eh, bangun! Fenomena Alam ini!"
    KLIP
    Gue langsung bangun,, Fenomena Alam?
    "Iya, kabutnya banyak bgtt" jelas adik gue Echa dengan suara ceriwisnya
    Dan JEjejJENG! Wowowo,,, begitu gue melihat di luar semuanyaaa putiiiiih!! Rumah tetangga2 aja ampe gak keliatan,,
    "W,,,what?? Gak biasanya kabut turun setebel ini" Gue langsung wowowowow trus,,
    "Ayo kita poto2,, ke taman sana,, Pos satpam aja ampe gak keliatan", ajak Om sambil ngambil kunci mobil dan mulai starter.
    "OOOh,,, oce oce,," dengan kedinginan gue juga ngambil hp di kamar
    Dan kami pun masuk ke dalam mobil dengan berisik,,apalagi si faiza, yg paling kecil, bawel amat,,n tak lupa pamit dulu ama tante yg lagi bikin kue,,
    Wowwwoowow,, di sepanjang jalan kabut2nya banyak lagi,,, putiiiiiiiiih semuaaaa,,,
    "eh eh ada hitam2 apa ituuu??"
    "Uwaaaa!!! ada Malaikat Mautt!", canda adik cowo gue, si Affan,, Orang-orang yang berjalan di kejauhan pun hanya tampak sebagai "malaikat maut" hhhaha
    Dan sesi foto pun di mulaaiiii


    Begitulah sesi bak di puncak nyaaa,, kami keliling2 n poto2 ampe matahari menampakkan dirinya.
    Nahh,, kalian pasti(mungkin) bertanya2,, mana si piljehnyaa??
    Hhhe,, w lgi gak pake kerudung bo,,lupa,, jdi kga bsa dah w publikasikan,,, Ouuu Tidak Bisaaa~ (padahal udh narsis TT^TT hix )
    NB : Pulangnya bobo lagi

    Jumat, 03 Juni 2011

    PERKEMBANGAN TIK DI UNIVERSITASKU... UNIV. GUNADARMA

    Pada akhir-akhir ini, berbagai perkembangan yang terjadi memang cukup menakjubkan, khususnya dalam bidang teknologi terutama dalam hal informasi dan komunikasi.
    Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh, diantaranya terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Jika jaman dahulu pembelajaran hanya lewat media papan tulis dan buku paket, kini telah terjadi beberapa perubahan.
    Ada 5 pergeseran dalam proses pembelajaran :
    1.  dari pelatihan ke penampilan
    2. dari ruang kelas ke dimana saja dan kapan saja
    3. dari kertas ke online atau saluran
    4. fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
    5. dari waktu siklus ke waktu nyata
    Komunikasi sebagai media pendidikan tidak lagi hanya melalui hubungan tatap muka, tetapi dilakukan dengan media komunikasi seperti komputer, internet, telepon, e-mail, dsb. Siswa/Mahasiswa pun dapat mendapatkan informasi dalam lingkup yang lebih luas dari berbagai sumber melalui cyberspace atau ruang maya melalui komputer dan internet.


    Semua tempat pendidikan baik sekolah tingkat dasar, menengah, tinggi hingga universitas telah mengalami perkembangan TIK tsb, begitu pula Universitas Gunadarma. Universitas Gunadarma memiliki Fasilitas TIK yang patut dikagumi oleh badan nasional maupun internasional di kalangan Universitas Swasta lainnya.
    Seperti cyber teaching atau pengajaran maya atau istilah yang lebih populer ialah e-learning, melalui situs http://elearning.gunadarma.ac.id Dengan pembelajaran virtual tsb jangkauan pembelajaran akan lebih luas.

    Perkembangan TIK tidak hanya di bagian akademik/pembelajaran saja, melainkan juga dalam mengurus administrasi Mahasiswa,dalam mengetahui jadwal maupun info-info berkaitan dengan Universitas, sehingga akan lebih efektif. Berikut situs-situs Gunadarma :

    Situs-situs di atas menunjukkan bahwa perkembangan TIK di Universitas Gunadarma mencakup seluruh kegiatan di kampus yang dapat memudahkan Mahasiswa dan para dosen.

    Sebagai tanggapan positip atas perkembangan TIK, Universitas Gunadarma telah banyak memberikan apresiasinya untuk mengikuti perkembangan teknologi masa kini yang semakin berkembang pesat , setiap tahunnya,selama 30 tahun ini, Universitas Gunadarma mengembangkan dan membuat teknologi yang baru demi menunjang pembelajaran untuk mahasiswanya. Hal ini sangat sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Gunadarma itu sendiri. Seperti :
    • pemasangan backbone Fiber Optics,
    • pemasangan Wifi, 
    • Pemasangan fasilitas Video Confference, 
    • Penyediaan fasilitas Internet Loung,  
    • di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone, 
    • Integrates Lab / Remote Lab yang dikenal dengan I-LAB,  
    • peluncuran fasilitas baru “UG One-Click” 

    Demikianlah, betapa peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan memang sangat besar, khususnya dalam hal penunjang proses belajar-mengajar dan efisiensi pekerjaan akademik maupun administratif. Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan sudah selayaknya mampu untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang berbagai aktivitasnya. Dan Universitas Gunadarma telah mampu melaksanakannya.

       

      CHEER UP!! がんばって~ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal