Jumat, 04 Mei 2012

PANTUN ACEH

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 21.33 1 komentar Link ke posting ini

1. Menyoe kaya mulia bak wareeh, menyoe gasin mekuing lam tapeh

   Kalau  orang kaya bawaannya dia pede, kalau orang yang miskin, dia tertunduk kayak sabut kelapa yang bengkok (mekuing lam tapeh).

2. Saboh-saboh tameu aneuk, diteubit mek dalam mata.
    Saboh-saboh tameu melinte, lepek lhe tinggai dua

    Kalau melahirkan anak itu susah, karena sakitnya. Sampai mengeluarkan semacam sinar(mek) dalam mata.
      Dan kalau punya mantu, juga bikin pusing. Sehingga diumpamakan lepek (lipatan perut yang ada di orang-orang gemuk) dari tiga menjadi dua.

3. Maksud kesusah tapeuget rumoh, maksud ke mehmoh mengkawen dua.

     Kalau mau susah bikin rumah, soalnya ribet ngurusin perlengkapan-perlengkapannya. Kalau mau   kalangkabut, kawin dua kali. Soalnya kalau kawin dua kali yang ada malah ribet dan yang ada dimarahin sama 2 istri.

4. Lak ulee kah di coh, Lak manok kah ditoh boh
   
Kalau ada ular di depan udah dicotok(diserang), kalau ada ayam udah keluar telurnya karna saking lamanya menunggu sesuatu

    5. Tajak betrok, takalen bedeh
  Bek rugoh meh, saket hate

Kalau pergi harus sampai tujuan, kalau melihat harus jelas. Jangan sampai rugi lalu sakit hati.

6. Awalu kutu bi’at, ban yang lazim menan mangat

Bagaimana kebiasaan, begitulah  yang dia buat.


Sumber from my lovely granny :D sang ahli pantun aceh...Haha...

Kamis, 03 Mei 2012

Parties in North Amerika

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 17.48 0 komentar Link ke posting ini

Wiih… Pesta~ Sudah dua pesta yang aku lalui bulan april dan mei ini lho*gak nanya*
Pertama, pesta nikahan abangku, dan yang kedua pesta ulang tahun adikku yang paling kecil. Sangat sangat menyenangkan yah di pesta itu, expecially ‘cause many of foods…hhi. Dan kita juga bisa bercengkrama dengan keluarga atau teman-teman pesta.
Ngomong-ngomong soal pesta, kalau dilihat pesta itu bermacam-macam yah. Dan di setiap negara atau bahkan provinsi memiliki jenis pestanya masing-masing.  Pesta juga memiliki istilah tersendiri, tidak mesti ada embel-embel “pesta” di nama acara itu. Example, Akikahan, Syukuran, Hajatan, and many more.
Nah, begitu juga di luar sana. Di Amerika Utara terdapat tiga tipe pesta yang dikenal sebagai ‘housewarmings’, ‘potlucks’ dan ‘baby showers’. Yuk kita lebih kenali...

House Warming

House warming adalah pesta untuk seseorang yang menempati rumah baru. Kalau di Indonesia ini sama aja dengan Selamatan Rumah Baru, yang dibarengi dengan pengajian untuk yang beragama muslim. Di House warming ini, si empunya rumah baru mengundang teman-temannya untuk ‘menghangati’ rumahnya.  Mereka yang diundang juga kadang membawa hadiah, seperti barang-barang untuk mendekorasi dan barang-barang berguna untuk rumah.
Pantesan yah, kalau di permainan The Sims, setelah kita selesai membangun dan menempati rumah tsb, tamu yang datang pertama kali pasti memberikan sesuatu berupa hadiah.

Potluck

Kalau potluck adalah sejenis dinner. Kamu mengundang orang untuk potluck, dan semua orang yang diundang harus membawa makanan. Ini salah satu cara yang gampang dan murah untuk bisa makan. Anak kosan mesti bikin acara ginian nih. Haha... Tapi kombinasi dari berbagai macam makanan yang berbeda-beda dan dari tamu yang berbeda-beda pula, bisa jadi eksperimen makanan tersendiri.  Kalau ada yang bawa Jengkol, udah gitu ada yang bawa pizza, duren, duuh… terbayang anehnya.

Baby Shower

Baby shower ini pesta untuk para perempuan yang baru lahiran. Bagi muslim Indonesia, ini sama aja dengan Akikahan lah... Di akikahan kan biasanya dibarengin dengan potong kambing dan potong rambut si baby. Tapi di baby shower ini enggak. Keluarga dan temannya si perempuan yang lahiran ini memberikan hadiah untuk si baby. Tapi mentang-mentang namanya ada embel “shower”-nya bukan berarti ada water party-nya yah, dan ‘nggak diadakan di kamar mandi juga. 

~Happy Party Time~

Selasa, 01 Mei 2012

Mengedit-edit Text dengan Microsoft Visual Basic

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 22.46 0 komentar Link ke posting ini
Halo readers, setelah sebelumnya membahas bahasa C, kali ini aku mengulas program menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic atau Visual basic atau VB.
Mulai aja yah... Buka Vb nya, pilih standart exe.
Kemudian buat pada form seperti di bawah ini :
 

 Double klik Option Button Rata Kiri, ketikkan  Text1.Alignment = 0
Double klik Option Button Rata Tengah, ketikkan Text1.Alignment = 2
Double klik Option Button Rata Kanan, ketikkan Text1.Alignment = 1

Double klik Option Button Merah, ketikkan Text1.BackColor = vbRed
Double klik Option Button Kuning, ketikkan Text1.BackColor = vbYellow
Double klik Option Button hijau, ketikkan Text1.BackColor = vbGreen
Double klik Command Button Hapus, ketikkan Text1.Text = ""
Double klik Command Button Exit, ketikkan End

Jalankan program dengan menekan tombol F5 atau klik tombol play.
Gambar di atas adalah output ketika aku memilih Perataan Teks Rata Tengah dan Backgroud Kuning.

Kemudian aku coba tambahkan check box dan HScroll...
Desain seperti dibawah ini :
Pada kotak Properties Hscroll ubah Properti Max, Min, LargeChange dan SmallChange nya menjadi 50,10,5 dan 1. Jadi semakin HScroll nya digeser ke kanan maka tulisan pada text1 akan membesar maximal sebesar 50 dan semakin ke kiri semakin kecil minimal 10 ukurannya.
Double klik Hscroll dan ketikkan Text1.FontSize = HScroll1.Value

Double klik Checkbox Cetak Tebal, ketikkan
If Check1.Value = 1 Then    
Text1.FontBold = True         
Else                                      
Text1.FontBold = False
End If



Double klik Checkbox Cetak Miring, ketikkan
If Check2.Value = 1 Then
Text1.FontItalic = True
Else
Text1.FontItalic = False
End If


Double klik Checkbox Garis Bawah, ketikkan
If Check1.Value = 1 Then
Text1.FontUnderline = True
Else
Text1.FontUnderline = False
End If


'jika check1 diaktifkan maka teks pada text1 akan dicetak tebal, dan selain itu jika tidak diaktifkan maka tidak tebal. Begitu juga untuk logika garis miring dan underline'.
Gambar di atas merupakan output ketika saya memilih Perataan Text Rata Kanan, Background Hijau, Ukuran Huruf di HScrollnya aku geser ke kanan,sekitar 20-an kali ya dan kemudian untuk checkbox nya aku aktifin semua. Jadi kan tulisannya bold iya, italic dan underline juga iya.
Nah, di sini kita bisa lihat perbedaan si Option Button dan Checkbox. Bedanyaa... kalau option button kita hanya bisa memilih salah satu, sedangkan checkbox kita bisa memilih tiga pilihan itu sekaligus.





Jumat, 04 Mei 2012

PANTUN ACEH


1. Menyoe kaya mulia bak wareeh, menyoe gasin mekuing lam tapeh

   Kalau  orang kaya bawaannya dia pede, kalau orang yang miskin, dia tertunduk kayak sabut kelapa yang bengkok (mekuing lam tapeh).

2. Saboh-saboh tameu aneuk, diteubit mek dalam mata.
    Saboh-saboh tameu melinte, lepek lhe tinggai dua

    Kalau melahirkan anak itu susah, karena sakitnya. Sampai mengeluarkan semacam sinar(mek) dalam mata.
      Dan kalau punya mantu, juga bikin pusing. Sehingga diumpamakan lepek (lipatan perut yang ada di orang-orang gemuk) dari tiga menjadi dua.

3. Maksud kesusah tapeuget rumoh, maksud ke mehmoh mengkawen dua.

     Kalau mau susah bikin rumah, soalnya ribet ngurusin perlengkapan-perlengkapannya. Kalau mau   kalangkabut, kawin dua kali. Soalnya kalau kawin dua kali yang ada malah ribet dan yang ada dimarahin sama 2 istri.

4. Lak ulee kah di coh, Lak manok kah ditoh boh
   
Kalau ada ular di depan udah dicotok(diserang), kalau ada ayam udah keluar telurnya karna saking lamanya menunggu sesuatu

    5. Tajak betrok, takalen bedeh
  Bek rugoh meh, saket hate

Kalau pergi harus sampai tujuan, kalau melihat harus jelas. Jangan sampai rugi lalu sakit hati.

6. Awalu kutu bi’at, ban yang lazim menan mangat

Bagaimana kebiasaan, begitulah  yang dia buat.


Sumber from my lovely granny :D sang ahli pantun aceh...Haha...

Kamis, 03 Mei 2012

Parties in North Amerika


Wiih… Pesta~ Sudah dua pesta yang aku lalui bulan april dan mei ini lho*gak nanya*
Pertama, pesta nikahan abangku, dan yang kedua pesta ulang tahun adikku yang paling kecil. Sangat sangat menyenangkan yah di pesta itu, expecially ‘cause many of foods…hhi. Dan kita juga bisa bercengkrama dengan keluarga atau teman-teman pesta.
Ngomong-ngomong soal pesta, kalau dilihat pesta itu bermacam-macam yah. Dan di setiap negara atau bahkan provinsi memiliki jenis pestanya masing-masing.  Pesta juga memiliki istilah tersendiri, tidak mesti ada embel-embel “pesta” di nama acara itu. Example, Akikahan, Syukuran, Hajatan, and many more.
Nah, begitu juga di luar sana. Di Amerika Utara terdapat tiga tipe pesta yang dikenal sebagai ‘housewarmings’, ‘potlucks’ dan ‘baby showers’. Yuk kita lebih kenali...

House Warming

House warming adalah pesta untuk seseorang yang menempati rumah baru. Kalau di Indonesia ini sama aja dengan Selamatan Rumah Baru, yang dibarengi dengan pengajian untuk yang beragama muslim. Di House warming ini, si empunya rumah baru mengundang teman-temannya untuk ‘menghangati’ rumahnya.  Mereka yang diundang juga kadang membawa hadiah, seperti barang-barang untuk mendekorasi dan barang-barang berguna untuk rumah.
Pantesan yah, kalau di permainan The Sims, setelah kita selesai membangun dan menempati rumah tsb, tamu yang datang pertama kali pasti memberikan sesuatu berupa hadiah.

Potluck

Kalau potluck adalah sejenis dinner. Kamu mengundang orang untuk potluck, dan semua orang yang diundang harus membawa makanan. Ini salah satu cara yang gampang dan murah untuk bisa makan. Anak kosan mesti bikin acara ginian nih. Haha... Tapi kombinasi dari berbagai macam makanan yang berbeda-beda dan dari tamu yang berbeda-beda pula, bisa jadi eksperimen makanan tersendiri.  Kalau ada yang bawa Jengkol, udah gitu ada yang bawa pizza, duren, duuh… terbayang anehnya.

Baby Shower

Baby shower ini pesta untuk para perempuan yang baru lahiran. Bagi muslim Indonesia, ini sama aja dengan Akikahan lah... Di akikahan kan biasanya dibarengin dengan potong kambing dan potong rambut si baby. Tapi di baby shower ini enggak. Keluarga dan temannya si perempuan yang lahiran ini memberikan hadiah untuk si baby. Tapi mentang-mentang namanya ada embel “shower”-nya bukan berarti ada water party-nya yah, dan ‘nggak diadakan di kamar mandi juga. 

~Happy Party Time~

Selasa, 01 Mei 2012

Mengedit-edit Text dengan Microsoft Visual Basic

Halo readers, setelah sebelumnya membahas bahasa C, kali ini aku mengulas program menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic atau Visual basic atau VB.
Mulai aja yah... Buka Vb nya, pilih standart exe.
Kemudian buat pada form seperti di bawah ini :
 

 Double klik Option Button Rata Kiri, ketikkan  Text1.Alignment = 0
Double klik Option Button Rata Tengah, ketikkan Text1.Alignment = 2
Double klik Option Button Rata Kanan, ketikkan Text1.Alignment = 1

Double klik Option Button Merah, ketikkan Text1.BackColor = vbRed
Double klik Option Button Kuning, ketikkan Text1.BackColor = vbYellow
Double klik Option Button hijau, ketikkan Text1.BackColor = vbGreen
Double klik Command Button Hapus, ketikkan Text1.Text = ""
Double klik Command Button Exit, ketikkan End

Jalankan program dengan menekan tombol F5 atau klik tombol play.
Gambar di atas adalah output ketika aku memilih Perataan Teks Rata Tengah dan Backgroud Kuning.

Kemudian aku coba tambahkan check box dan HScroll...
Desain seperti dibawah ini :
Pada kotak Properties Hscroll ubah Properti Max, Min, LargeChange dan SmallChange nya menjadi 50,10,5 dan 1. Jadi semakin HScroll nya digeser ke kanan maka tulisan pada text1 akan membesar maximal sebesar 50 dan semakin ke kiri semakin kecil minimal 10 ukurannya.
Double klik Hscroll dan ketikkan Text1.FontSize = HScroll1.Value

Double klik Checkbox Cetak Tebal, ketikkan
If Check1.Value = 1 Then    
Text1.FontBold = True         
Else                                      
Text1.FontBold = False
End If



Double klik Checkbox Cetak Miring, ketikkan
If Check2.Value = 1 Then
Text1.FontItalic = True
Else
Text1.FontItalic = False
End If


Double klik Checkbox Garis Bawah, ketikkan
If Check1.Value = 1 Then
Text1.FontUnderline = True
Else
Text1.FontUnderline = False
End If


'jika check1 diaktifkan maka teks pada text1 akan dicetak tebal, dan selain itu jika tidak diaktifkan maka tidak tebal. Begitu juga untuk logika garis miring dan underline'.
Gambar di atas merupakan output ketika saya memilih Perataan Text Rata Kanan, Background Hijau, Ukuran Huruf di HScrollnya aku geser ke kanan,sekitar 20-an kali ya dan kemudian untuk checkbox nya aku aktifin semua. Jadi kan tulisannya bold iya, italic dan underline juga iya.
Nah, di sini kita bisa lihat perbedaan si Option Button dan Checkbox. Bedanyaa... kalau option button kita hanya bisa memilih salah satu, sedangkan checkbox kita bisa memilih tiga pilihan itu sekaligus.





 

CHEER UP!! がんばって~ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal