Minggu, 27 November 2011

BERI ORTU WAKTU

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 23.51 0 komentar Link ke posting ini

Merasa nggak, kalau selama ini kita suka merepotkan mama dan papa dengan banyak masalah. Dari mulai yang kecil seperti minta dibuatkan makanan favorit sampai yang besar minta uang untuk bayaran les.
 Nah, hari ini saatnya kita manjakan orangtua kita dengan membiarkan mereka berdua saja.
 Caranya gampang kok!


  • Bebas tugaskan mama dan papa dari semua pekerjaan rumah. Biarkan mama dan papa berleha-leha atau melakukan kegiatan favorit berdua saja.
  • Pesankan tiket bioskop untuk mama dan papa. Pilih film yang sedang menjadi box office. Biarkan mereka berdua merasakan serunya “pacaran” di bioskop lagi. 
  • Tanya sama tante atau nenek tentang tempat kenangan mama dan papa. Kalau sudah tahu, ajak mereka ke sana, kemudian tinggalkan mereka berdua di tempat kenangan itu.
  • Rela menjadi supir ke mana pun mama dan papa ingin pergi. Tapi, ada syaratnya ya… Kita benar-benar menjadi supir yang gak ikutan ngobrol atau nimbrung sama obrolan mereka ya…
  • Pergi menginap ke rumah nenek dengan kakak dan adik selama dua hari. Biarkan mama dan papa “mengusai” rumah berduaan saja.
  • Kalau nggak bisa pergi dari rumah, ajak kakak dan adik untuk menjadi invisible man. Jangan biarkan diri kita terlihat sama mama dan papa. Jadi, kalau mama dan papa sedang di ruang tengah, usahakan kita ada di ruang belakang. Pokoknya, usahakan untuk nggak bertemu dengan mereka.
  • Rayu mama dan papa untuk pergi berlibur. Carikan tempat liburan yang seru. Nggak usah terlalu jauh dari rumah, tapi lumayan jauh untuk berpisah dari anak-anaknya. Misalnya, kalau kita tinggal di Jakarta, Pulau Seribu bisa jadi alternative tempat yang cukup seru untuk liburan orangtua kita.

“Aku sama kakakku, Gracia Indri sering pergi berdua ke mal untuk meninggalkan mama dan papa berduaan di rumah. Soalnya, selama ini mama kan sering banget pergi sama aku atau kakak. Jadi, waktu berdua sama papa jarang” – Gisella Cindy (Artis)


Be A "PARENT"

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 23.19 0 komentar Link ke posting ini
Pernah nggak sih membayangkan capeknya jadi orangtua? Jadi seseorang yang harus selalu bisa diandalkan, harus selalu menjaga, mengawasi sekaligus melindungi. Belum lagi harus cari uang juga demi kita. Orangtua kita capek nggak, ya? Belum lagi, kadang kita suka nggak nurut. Kebayang nggak sih, kalau kita yang harus melakukan semua hal yang mereka lakukan?

Nah coba jadi orangtua deh, biar kita tahu gimana rasanya jadi mereka!

Coba deh kita seharian bareng sama adik kita yang jauh lebih kecil, dan berusaha menjaganya tanpa bantuan kedua orangtua atau babysitter. Kalau adik lapar, kita yang menyuapi. Kalau adik nangis kita juga yang harus menenangkannya. Walaupun Cuma sehari pasti kita udah bis amerasakan repotnya mengurus orang lain. Nah, orangtua kita melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun, lho!



Kita juga bisa mencoba jadi orang tua dengan cara memelihara binatang, seperti anjing, kucing, atau kelinci. Kita butuh disiplin yang tinggi supaya binatang peliharaan kita nggak terlantar. Mulai dari member makan hingga membersihkan kandangnya. Kita juga bisa merasakan betapa panic dan repotnya saat binatang kita sakit, walaupun nggak separah orang tua kita saat anaknya sakit.




Jadi Kakak Asuh. Dengan mendaftarkan diri menjadi kakak asuh, kita harus bis amembagi jadwal kegiatan sehari-hari kita dengan peranan kita sebagai seorang kakak yang membantu anak-anak terlantar. Belum lagi kita harus rela menyisihkan uang jajan kita agar bisa membantu kebutuhn mereka. Dari sini, kita bisa merasakan bagaimana orangtua kita harus menyisihkan penghasilannya demi memenuhi kenginan kita. Akhirnya, kita jadi belajar untuk nggak sembarangan minta uang  jajan untuk hal yang nggak perlu.



Coba deh jadi ketua kelas. Walau mungkin terlihat nggak berhubungan, tapi seorang ketua kelas bertanggung jawab atas semua murid yang ada di kelas tersebut. Kalau ada sesuatu yang terjadi, pasti ketua kelaslah yang dicari dan diminta pertanggung jawaban. Mirip mama-papa yang dipanggil ke sekolah kalau kita nakal kan? :p

Dan cara yang paling nyata adalah meminta mama beristirahat sehari penuh dan kita menggantikan semua tugasnya. Mulai dari bangun pagi untuk menyiapkan sarapan, mengurus rumah, dan juga membantu adik-adik kita mengerjakan berbagai tugas sekolah. Dijamin, malamnya kita akan tidur lebih lelap karena kecapekan.

Baru terasa deh kalau jadi orangtua itu nggak gampang. Bikin kita makin cinta mama dan papa~  <3

“Mamaku adalah segalanya! Beliau membantu mengerjakanapa saja dang nggak pernah complain. Aku nggak bisa ngebayangin gimana rasanya kalau mama nggak ada. Tapi, aku lebih nggak bisa ngebayangin lagi gimana rasanya jadi mama yang harus melakukan semuanya” -Aliana Lohan (Artis)

BUAT MAMA-PAPA TERSENYUM :)

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 21.30 1 komentar Link ke posting ini
Kalau bikin mama-papa marah mungkin udah sering kali ya.. Tapi kapan sih kita menyenangkan hati ortu kita? Atau jangan-jangan belum pernah lagi??? #tegaamat

Asal tahu aja, salah satu prestasi terbesar dalam hidup kita adalah kalau kita bisa membahagiakan orang-orang yang kita sayangi. 

Makanya, kita cari cara bikin mama-papa happy~


Berprestasi di sekolah/kampus

Orangtua mana sih yang ‘gak senang anaknya berprestasi? Nggak perlu nunggu sampai pembagian raport atau nilai IPK keluar untuk bikin mereka bangga. Cukup dengan nunjukkin hasil kita ulangan yang bagus atau sekadar cerita kalau ada guru/dosen memuji hasil kerja kita di kelas. Mengundang mama-papa untuk nonton pertandingan basket kita, so pasti bisa membuat mereka tersenyum bangga.


Mandiri

Sering banget kan dengar omelan mama/papa soal kamar kita yang berantakan? Kini saatnya kita bikin mama-papa senang dengan melakukan beberapa pekerjaan rumah yang membuat kita terlihat mandiri. Misal, membereskan kamar, membuat sarapan, membereskan rumah, sekalian kita membantu mbak di rumah. Mama-papa pasti merasa telah berhasil membesarkan kita deh!




Jadi “sandaran” di rumah

Satu hal yang bisa bikin mama-papa kita tersenyum bahagia adalah kalau kita bisa jadi andalan atau “sandaran” di keluarga. Kita nggak perlu sampai ikut mencari uang untuk membiayai keluarga sih.. Tapi kita bisa mulai dengan membantu adik kita mengerjakan pr, jadi tempat curhat buat kakak, atau selalu siap menggantikan mama belanja di pasar atau malah ngurusin adik kita yang masih baby.


 Manjain mama-papa

Walaupun sebagian orangtua bilang kalau mereka nggak perlu dimanja sama anaknya, tapi jauh di dalam lubuk hati mereka pasti senang juga dapat perhatian dari kita. Mijitin mereka kalau mereka kelihatan capek, atau mentraktir mereka makan nasi goring depan rumah juga bisa kok bikin mereka senyum-senyum senang.


“Percaya atau nggak, mamaku paling senang kalau aku ajak makan siang bareng. Walaupun sibuk dengan syuting film, aku selalu curi-curi waktu untuk ngajak mama makan berdua. Kita selalu pergi makan siang ke restoran favorit mamaku. Bukan hanya mentraktir mama makan, saat inilah kita berdua bisa saling curhat. Nggak heran kalau kita bisa ngobrol sampai berjam-jam”. Jake Gylenhaal (Aktor)

Jumat, 11 November 2011

MENIKMATI "RIBETNYA" BUANG SAMPAH DI JEPANG

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 21.00 2 komentar Link ke posting ini
Tau 'gak? Salah satu keribetan yang harus dialami saat kita tinggal di Jepang adalah membuah sampah! Wah, kok bisa?
Soalnya, masalah sampah ini bisa dibilang selalu menjadi polemik, terutama bagi warga negara asing karena ketidaktahuan atau ketidakketerbiasaan dengan peraturan yang ada. Warga Jepang sendiri bisa dibilang super cerewet untuk urusan buang membuang ini.

Jenis Sampah

sampah petto botoru (pet bottle).
Hal yang paling mendasar dari proses membuang sampah adalah memilah sampah (bunbetsu) berdasarkan jenisnya. Tentunya buat kita pasti repot banget pada awalnya. Belum lagi kita harus membeli dua jenis kantong plastik sampah, karena tidak boleh memakai sembarang kantong. Duuh.. repotnya...
Dua kantong plastik tersebut berwarna hijau untuk sampah yang masih bisa diolah secara alami / organik (moerugomi) dan warna putih untuk sampah yang tidak bisa diolah secara alami / anorganik (moenaigomi). Tapi, dua warna ini tidak berlaku di semua wilayah lho... Setiap wilayah memiliki warna tersendiri untuk membedakan kedua jenis sampah tersebut.
Dan hal itu berarti, kantong sampah yang dibeli di wilayah Iwata, sudah pasti tidak akan bisa dipakai di wilayah Tokyo. Jadi berhati-hati yaa...
Dan kantong sampah ini dijual secara bebas di supermarket dalam berbagai macam ukuran. Ada yang kecil, sedang, besar dan dengan desain yang berbeda tergantung kota.
Dua jenis sampah yang telah aku sebutin di atas kemudian di bagi lagi dalam beberapa jenis. Jangan sampai salah ya, malu kan ntar ditegur terus di omelin. Walau kita juga 'gak ngerti, ngomong apaan sih?? Hahaha..

Kembali ke jenis-jenis sampah itu, Moerugomi ; terdiri dari sampah rumah tangga, seperti sampah dapur, foto-foto, pampers, potongan kayu, dan bantal. Khusus untuk sampah dapur (sampah makanan, kulit buah, dll) terlebih dahulu harus dibuang dulu airnya alias di peras, baru dimasukkan ke dalam kantong sampah.

Moenaigomi, terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
  1. Sampah kaleng. Seperti kaleng minuman, makanan kaleng, dan kaleng spray.
  2. Botol minuman. Seperti botol plastik minuman, botol kaca yang dipisahkan berdasarkan warna, putih, coklat dan lain sebagainya.
  3. Botol minyak goreng.
  4. Wadah yang terbuat dari plastik. Seperti cup bekas mie instan, tutup botol plastik, botol shampo, dll.
  5. Benda-benda yang mengandung unsur besi dan alat-alat elektronik skala kecil, seperti panci, hairdryer, karpet listrik, kipas angin, jam, dll.
  6. Benda-benda yang mengandung unsur kimia, seperti baterai, lampu, termometer, dll.
  7. sampah kertas, terdiri dari majalah, koran, komik, dan kardus. Dan diusahakan agar sampah-sampah jenis ini terlebih dahulu diikat dengan tali agar rapih.
  8. Benda plastik Olahan. Seperti mainan yang terbuat dari plastik, kotak cd, ember, sikat gigi, pemantik api, dll. Jika ada sampah pemantik api, dianjurkan untuk membuang sisa gas yang tersisa untuk mencegah terjadinya kebakaran.
  9. Benda kaca olahan. Seperti cawan, gelas, lampu, botol kosmetik, dll. Nah... ada catatan tersendiri buat sampah jenis ini. Kalau kita ingin membuang sampah pecahan kaca, diharuskan untuk di bungkus terlebih dahulu dengan kertas dan menuliskan kata "kiken (bahaya)" di permukaannya.
Variasi kantung sampah untuk berbagai jenis sampah.

Jadwal Membuang Sampah


Nah... Sekarang kita akan membicarakan tentang jadwal membuang sampah. Hati-hati! Jangan sampai salah hari membuang lho~ Bisa-bisa sampah itu tidak akan diangkut dan akan ditempel kertas berisikan pemberitahuan keras, bahwa sampah ini telah melanggar peraturan (^_^;)
barang-barang yang dijual di recycle shop
Jika wilayah tempat tinggal kita mewajibkan untuk menuliskan nama dan alamat di kantong sampah, maka bisa dipastikan sampah yang salah hari itu akan nongkrong dengan manisnya di depan rumah elu elu pada sekalian.
Selain Moerugomi yang memiliki jadwal di buang seminggu dua kali, dan moenaigomi jenis plastik biasa yang memiliki jadwal buang seminggu satu kali, jenis-jenis sampah yang lain hanya memiliki jadwal buang-buang satu bulan satu kali. Moenaigomi jenis plastik biasa ini, biasanya berbentuk kantong plastik, tutup botol plastik, pokoknya yang biasa-biasa gitu deh.
recycle shop
Jika jadwal tersebut terlewatkan, bisa dipastikan kita harus menyimpan sampah tersebut selama satu bulan, sampai jadwal berikut tiba! Oh iya, setiap rumah atau apartement di wilayah Jepang, pasti akan menerima kalender jadwal pembuangan sampah. Sesuai dengan wilayah masing-masing dari perintah setempat yang dikirim via kantor pos tanpa dipungut biaya sama sekali, sebab sudah termasuk dalam pembayaran iuran sampah yang kita bayar sebulan sekali.


Sampah Khusus dan Cara Membuangnya

Ada beberapa hal lain yang masih berhubungan dengan sampah menyampah ini. Jenis sampah yang bisa dibuang secara gratis memiliki batasan. Untuk jenis sampah yang sudah aku sebutkan diatas tentu saja kita bisa membuangnya secara gratis.
 Lho, memangnya ada yang buang sampah harus bayar?? Ooh... ada dong...
Ada beberapa jenis sampah yang menuntut kita mengeluarkan uang jika ingin membuangnya. Nah seperti apa yang butuh uang itu??
Jenis sampah seperti lemari, meja, kursi, TV, komputer, AC,kulkas, microwave, dll, yang sudah jelas hukum nya tidak bisa dibuang ditempat biasa. Jika kita ingin membuang benda-benda seperti itu, kita harus melihat kembali jadwal pembuangan sampah barang besar yang telah diberikan pemerintah setempat. Dan, tentunya kita harus membeli semacam kupon, dengan harga bervariasi sesuai dengan jenis sampah besar yang ingin kita buang, lalu kupon itu harus kita tempel ke objek (sampah), sebagai bukti kita membuang sampah secara legal.

tempat sampah untuk kertas, gelas kaca, dan botol plastik (dari kiri-kanan).
Selain cara membeli kupon, kita juga bisa "membuang" sampah jenis ini ke toko barang bekas (chuuko). Karena pengolahan jenis ini membutuhkan biaya tersendiri, biasanya penduduk lebih memilih untuk menjual barang-barang tersebut ke chuuko Walaupun kadang-kadang tidak akan ada uang yang diterima alias zero-en atau gratis, tapi kebanyakan penduduk tidak keberatan. Ini lebih baik daripada harus membeli kupon, kan?

Tapi, ada juga "kasus" di mana justru kita harus membayar ke chuuko, atau sebaliknya, kita malah dibayar oleh chuuko. Lain halnya, jika kita membeli barang elektronik baru di toko, misalnya TV, biasanya pihak toko akan menanyakan apakah TV lama sudah tidak terpakai? Kalau tidak terpakai, mereka akan megambilnya dengan GRATIS!
 Lho, enak di mereka dongg??! Eitss... Jangan salah...
Kalau kita tidak membeli apapun dari toko tersebut dan ingn membuang (me-recycle) barang elektronik yang kita miliki ke toko mereka, biasanya akan dikenakan biaya bervariasi, mulai dari 1000 Yen, tergantung dari jenis dan ukuran benda kita.
Karna itu, penduduk setempat yang malas berurusan dengan biaya-biaya seperti ini, lebih memilih untuk membuang sampah-sampah besar sesuka hati mereka. Kadang mereka membuang ke laut, ke gunung, atau di pinggir  jalanan yang sepi. Ck ck ck... 'gak nyangka ya ada juga yang bandel...hha
bersih banget walau di lorng sekali pun.
Tidak terlihat sampah sedikitpun...


Tapi, walau ada juga yang bandel, yang mematuhi aturan lebih banyak. Sehingga Jepang tetap terlihat bersih dan rapi. Dan bukannya nggak mungkin Indonesia juga bisa bersih dan rapi, 'kan sudah ada contohnya di negara lain (^w^).

Makanya, yuuuks kita lakukan yang bisa kita lakukan untuk urusan sampah ini, dimulai dari memilah moerugomi dan moenaigomi, Ayo Indonesia BISAAA! \(^0^)/

Kamis, 10 November 2011

FUTON IS....

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 22.30 4 komentar Link ke posting ini


Kawand, pasti sering kan denger yang namanya kasur ala Jepang, alias Futon. Di komik-komik sering banget kan di sebutin.hhi...

Nah, futon merupakan kasur tradisional yang biasa dipakai oleh masyarakat Jepang. Walaupun sudah banyak yang memakai kasur ala barat, tapi masih banyak juga kok orang yang senang menggunakan futon. Apalagi bagi mereka yang tinggal di rumah atau apartemen yang kecil. Mereka akan lebih memilih futon karena tidak terlalu memakan tempat.

Futon mempunyai ketebalan sekitar 5 cm atau kira-kira 2 inchi. Biasanya futon dijual seperangkat yang terdiri dari Shikibuton yaitu alas untuk kasur, Kakebuton atau kasur, dan Makura yaitu bantal.
Set seperti ini biasanya dijual seharga kurang lebih 10.000 yen.

Berbeda dengan kasur yang biasa kita gunakan, futon dirancang untuk digelar di atas lantai tatami. Dan karena keterbatasan ruang, jika tidak digunakan, futon akan disimpan dalam oshiire (lemari), sehingga ruangan pun dapat beralih fungsi menjadi ruang kerja atau ruang tamu. Selain itu, hal ini dilakukan agar tatami dapat "bernafas". Oshiire sendiri terdiri dari dua pintu yang di dorong.

Untuk melengkapi tempat tidur, pastinya kita harus membeli bantal, guling serta selimut secara terpisah kan... Tapi lain halnya dengan futon, kita harus membeli satu set yang sudah merangkap semuanya. Tadi udah aku sebutin kan apa aja, aku lebih jelasin lagi ya..

Shikibuton (Alas Kasur) : Lapisan tipis yang sudah diisi dengan kapas asli atau sintentis yang kemudian di bungkus dengan kain. Kain pembungkusnya pun berupa kain yang biasa di pakai untuk musim dingin.
 Kakebuton (Kasur) : Biasanya diisi dengan bulu angsa agar terasa ringan dan nyaman. Dan, sudah pasti bagian ini merupakan bagian termahal dari sebuah futon! Sebab, penggunaan kakebuton biasanya disesuaikan dengan musim! Pada musim dingin, digunakan kakebuton yang tebal, sedangkan pada musim panas digunakan kakebuton yang tipis. Ribet ribet...
Makura (Bantal) : Bantal yang berisi biji-bijian, atau manik-manik dari plastik. Bagi yang tidak terbiasa dengan bantal seperti ini, dapat diganti dengan bantal biasa yang berisi kapas atau bulu angsa.

Sebagai catatan, menginjak atau berjalan di atas futon dianggap tabu untuk masyarakat Jepang. Untuk pemeliharaannya futon perlu dijemur sekitar dua minggu sekali atau seminggu sekali. Sedangkan pada musim hujan karena kelembapan di Jepang cukup tinggi, diantara kakebuton dan shikibuton biasanya diselipkan futon kansouki yang berfungsi sebagai pemanas sehingga futon tidak basah karena lembap. Ternyata perawatan futon lebih berat daripada ranjang kita ya... :o

Saat dijemur, futon perlu ditebah dengan penebah yang biasanya terbuat dari bambu. Menurut ahli kesehatan tidur diatas futon ini lebih sehat daripada tidur di atas kasur yang empuk, lho~ sebab kerasnya lantai sangat baik untuk punggung kita, terutama bagi mereka yang memiliki sakit punggung dan pinggang. Perlu nih di rekomendasikan buat Engkong ato Nyak Babe.. :D

Dan ternyata futon bukan hanya di nikmati oleh orang Jepang, di barat pun futon digemari, lho~ Tapi, futon ala barat ini dirancang sesuai kebutuhan mereka. Biasanya futon ditaruh di atas penyanggah kayu sehingga bisa digunakan sebagai sofa, dan bisa juga diubah menjadi tempat tidur.

Nah, bagaimana dengan lu-lu pada?? Kalau teman-teman ingin menjadikan futon sebagai tempat tidur kedua, misalnya untuk tidur siang dan lain sebagainya, gue saranin sih untuk membeli futon yang tipis dan tidak banyak lipatan, agar tidur siang tidak terganggu.
Boleh-boleh saja sih kalau ingin membeli yang tebal.... Tapi pada umumnya futon yang tebal hanya digunakan untuk tidur pada malam hari atau tempat tidur utama. Sebab futon yang tebal biasanya mahal dan dirancang khusus untuk tidur dalam suhu dingin dan dalam waktu yang cukup lama.

Walaupun harganya tidak terbilang murah, namun seperti yang sudah gue jelasin, futon tidak berfungsi sebagai alas tidur saja, tapi dapat juga menyembuhkan sakit punggung. Selain itu, futon juga terasa lembut dan nyaman, serta menghemat ruang. 
Kalau pada mau mencoba menikmati pengalaman baru saat tidur dan ingin kamarnya lebih luas pada siang hari, tidak ada salahnya mencoba tidur dengan kasur ala Jepang ini.... ;)




~ HAPPY SLEEP WELL~

HAIR DIARY

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 16.33 0 komentar Link ke posting ini
Pernah 'gak bertanya-tanya tentang rambut-rambut di tubuh kita??.. kenapa sih ada rambut di dalam hidung misalnya.. hha..
Cek info di bawah ini deh ;)

Kenapa Bulu Mata Nggak Bisa Panjang? 


Beda sama rambut yang bisa tumbuh sampai tahunan, umur pertumbuhan bulu mata cuma sekitar 2-3 bulan. Setelah itu,pertumbuhannya akan menurun, lalu rontok. Tapi, karena siklus pertumbuhan setiap helai bulu berbeda, makanya bulu mata kita nggak pernah rontok semua secara bersamaan.

Kenapa Rambut Dipotong Nggak Sakit?

 Di rambut nggak ada sel hidup sama sekali. Rambut kita seluruhnya terbentuk terbentuk atas protein yang disebut kerantin. Makanya kalau dipotong nggak sakit. Yang sakit itu kalau rambut dicabut dari akarnya, karena lapisan kulit kepala kita punya sel syaraf perasa.

Kenapa Ada Rambut Lurus, Keriting, Dll?
Zat kerantin di rambut kita, terbentuk atas atom-atom individual yang saling mengikat. Semakin kuat ikatannya, maka akan makin keritinglah rambut seseorang. Kalau ikatannya semakin longgar, maka rambutnya makin lurus. Itulah kenapa kalau kita rebonding atau keriting di salon, hasilnya cuma sementara. Rambut pasti balik ke asal, karena kerantin baru yang di hasilkan, besar ikatannya tetap sama dengan yang sebelumnya.

Kenapa Alis Nggak Boleh Dibabat Habis?

Sama kayak bulu mata, alis itu berfungsi mencegah kotoran atau benda asing lain masuk ke mata kita. 
Contohnya air hujan atau keringat. Kalau sudah di hadang alis, hujan atau keringat nggak bakal bisa langsung tembus ke dalam mata kita.

Kenapa Ada Bulu Hidung?

  Rambut di hidung, atau vibrissae, memegang peranan penting dalam proses pernapasan. Mereka menyaring kotoran dan mencegah debu terhirup masuk ke dalam paru-paru. Hasil saringannya sendiri kita kenal dengan kotoran hidung. Seiring bertambahnya usia, rambut di dalam hidung ini bisa tambah lebat, lho!

Kenapa Bulu Ketiak Pasti Keriting? 
 Rambut di daerah ketiak dan genitla memang cenderung keriting. Alasannya, jaringan folikel pada kedua area ini berbentuk oval. Setiap helai rambut yang tumbuh akan saling bertautan satu dengan yang lain, sehingga membentuk tekstur keriting. Makanya, harus rajin di trim atau di shave, ya!
 

Cegah Flu!!

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 14.20 0 komentar Link ke posting ini

Kalau lagi musim pancaroba atau perubahan cuaca bikin tubuh kita tuh melakukan proses adaptasi. Dan sering banget bikin kita sakit. Segala penyakit datang karena daya tahan tubuh kita berkurang. Salah satunya penyakit Flu.
Penyakit ini emang kesannya remeh. Namun, gejala seperti pusing, demam, pilek, batuk dan radang tenggorok, dll sangat mengganggu aktivitas keseharian. Belajar jadi buyar dan kurang konsentrasi. Belum lagi temen-temen kita atau keluarga kita bahkan pacar kita jaga jarak agar tidak tertular! Sedih banget :(
Namun, sebenarnya kita tidak perlu terkena flu jika kita tahu cara pencegahannya. 
First, berolahraga secara teratur. Usahakan minimal olahraga 3x dalam seminggu. Atau lakukan olahraga rutin minimal sekitar 20 menit.
Kedua, dengan cara mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi tepat dan seimbang. makan asal banyak aja tidak cukup sob, sebab kuantitas makanan tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas nutrisi yang terkadung di dalamnya. Jadi pastikan kecukupan kandungan gizi, seperti karbhohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat terdapat dalam makanan.
Ketilu, minumlah air yang cukup, sekitar dua liter atau setara 6-8 gelas air dalam sehari. Konsumsi air yang cukup bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh. Selain itu, kita juga bisa terhindar dari dehidrasi.
Ka Opat, istirahatlah yang cukup. Kalo kita kurang tidur bisa memengaruhi daya tahan tubuh lho! Manfaatkan waktu istirahat dengan tidur sekitar 5-8 jam sehari.
Khamsatun, rajin-rajinlah mencuci tangan dengan sabun. Apalagi yang sering ngupil, nyadar diri aja deeh.. :p . Pokoknya sebelum, sesudah makan, sesudah buang air dan seusai berpergian cuci dulu deh tangannya. Soalnya itu tuh membantu menghilangkan kuman dan bibit penyakit lainnya.
Roku, tentunya mencegah dengan cara kurangi kontak secara langsung dengan penderita flu. Ntar bbm-an, sms-an atau wa-an aja terus, 'gak usah ketemuan..hha. Namun, jika kondisi kita cukup fit, kita bisa lumayan aman-lah dari serangan-serangan flu orang tsb.

Jadi, untuk mencegah flu, jagalah kondisi fisik agar tetap sehat dan bugar. ;)

Sabtu, 05 November 2011

CINTA ANARKALI - RELA DIKUBUR HIDUP-HIDUP

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 14.46 1 komentar Link ke posting ini
Pasar Anarkali yang cukup populer di Lahore

Ada beberapa kisah cinta karena dialami orang-berpengaruh serta saking fenomenalnya cinta mereka hingga di catat dalam sejarah. Sebut saja kisah cinta Raja romawi dan Ratu Mesir Cleopatra, kisah Juan dan Evita Peron, dll.
Dan ini adalah kisah cinta yang terjadi di awal abad 16, pada masa kekaisaran Mughal. Kisah cinta dramatis ini antara Pangeran Salim dan Anarkali, seorang gadis penari dari kalangan biasa.

Pangeran Salim adalah putra Sultan Akbar yang Agung dari Kekaisarn Mughal, India ( 1542-1605). Pada masanya, Kesultanan Mughal mengalami masa keemasan, tak heran ia mendapati julukan The Great Mughal Emperor. Dari ratunya, Mariam uz Zamani, Sultan memiliki 3 putra, si kembar yang meninggal saat masih kecil serta Pangeran Salim yang kelak menjadi Sultan Jahangir (1605-1627).
Pangeran pewaris takhta ini dikenal sebagai pangeran yang manja, tidka disiplin bahkan cenderung kasar. Jelasnya tidak menunjukkan diri sebagai calon raja. Hal itu membuat Sultan Akbar cemas dan khawatir, mungkinkah kelak Salim bisa menjadi penerusnya, seorang raja yang berkuasa dan diharapkan rakyatnya?
Untuk mendidiknya, Sultan mengutus Pangeran Salim terjun memimpin tentara di medan-medan peperangan. Dengan demikian menurut Sultan, Salim akan belajar memimpin, membuat keputusan, dan menjadi lebih bijaksana, bekalnya kelak sebagai raja.
Dan selama 14 tahun lah Pangeran Salim berada di tengah-tengah pasukan.

Pangeran Salim Bertemu Pujaan Hati

Gambaran Anarkali dan Pangeran Salim

Ketika kembali dari medan pertempuran, Pangeran Salim disambut para ibunya, Ratu serta selir-selir di Istana Lahore dengan suka cita. Kedatangannya dirayakan dengan pesta meriah dan mujra, tari-tarian dengan penari muda terkenal Nadeera, gadis biasa putri Noor Khan Argun.
Nadeera dikenal memiliki keindahan luar biasa dengan kemampuan tari memesona. Ditambah kebeliaan membuatnya bak bunga mekar. Sultan Akbar sendiri menjulukinya Anarkali atau bunga delima nan mekar.
Pangeran Salim menyaksikan Si Delima Mekar, dan saat itu juga tersambar panah asmara, membuatnya seketika jatuh cinta.
Sejak itulah kisah cinta mereka dimulai. Anarkali, demikian selanjutnya ia dipanggil, seorang gadis dari kasta biasa menyambut cinta Sang Pangeran. Cinta mereka mekar dan penuh gelora seiring dengan merambatnya usia masing-masing.
Awalnya percintaan mereka berlangsung secara sembunyi-sembunyi. Sebagai seorang Pangeran, Salim memahami bahwa ia akan menikahi seorang putri pula, yang dalam dirinya mengalir darah seorang raja. Pernikahan yang lebih bersifat politis demi melanggengkan kekuasaan dan menyatukan dua kekuatan.

Ditentang Raja Hingga Salim Akan Dihukum Mati
Anarkali dan Pangeran Salim dalam versi film


Sebelum Pangeran Salim menceritakan rencananya menikahi gadis penari Anarkali, angin telah menyenandungkan kisah cinta mereka ke telinga raja. Sultan Akbar sangat marah. Ia langsung memanggil putranya dan meminta ia melupakan cintanya pada Anarkali. Namun Pngeran Salim menolaknya.
Karena tetap saja Pangeran Salim berhubungan dengan Anarkali, Sultan Akbar kembali mengirim putra mahkotanya itu ke medan perang untuk menaklukkan daerah-daerah lain dan meluaskan kekuasaan Mughal, sekaligus untuk menjauhkan Salim dari Anarkali. Berbulan-bulan Pangeran di sana, ttap saja ia berhubungan dengan Anarkali. Ketika kembali ke Istana ia bahkan sudah berencana memperistrinya. Sultan Akbar lebih-lebih murkanya kali ini. Betapa tidak, Pangeran Salim adlah putra mahkota, penerus takhtanya.
Bersamaan dengan itu Pangeran Salim melancarkan kudeta untuk merebut kekuasaan dari ayahnya.
Pusat kesultanan pada waktu itu sudah pindah dari Lahore ( sekarang Pakistan) ke India. Pangeran Salim tak saba runtuk berkuasa. Namun sayang kudetanya gagal, ia pun ditangkap dan akan dijatuhi hukuman mati. 
Pada detik-detik hukuman itu, Anarkali datang menghadap Sultan Akbar memohon pengampunan dan pembebasannya. Setelah berfikir panjang serta karena kasih sayangnya yang besar pada putranya, Sultan yang bijaksana itu mengabulkan dengan satu syarat. Yakni, Anarkali harus meninggalkan Pangeran Salim selama-lamanya, bahkan meninggalkan India.
Demi cintanya pada Sang Pangeran, Anarkali setuju. Sultan sebelumnya mengizinkan Anarkali menghabiskan satu malam di penjara bersama Sang Pangeran untuk terakhir kalinya.


Anarkali 'Dikubur' Hidup-Hidup

Diyakini sebagai makam Anarkali atau dikenal dengan nama Neeka Gumbad

Pada hari yang ditentukan, Anarkali datang ke penjara tempat Pangeran ditahan. Mereka berpelukan saling bertangis-tangisan. Anarkali meminta Sang Pangeran menerima takdirnya menjadi raja yang besar tanpa dirinya. "Aku akan pergi, sednagkan kau akan menjadi raja, raja yang besar", ujar Anarkali seperti yang dikutip dalam salah satu filmnya, Anarkali.
Pangeran menolak permintaan Anarkali. Sepanjang malam itu mereka hanya berpelukan seakan tak ingin dipisahkan lagi.
Tapi Anarkali hanya sekadar melembutkan hati Sang Pangeran. Ia berencana memenuhi janjinya pada Sultan Akbar. Maka pada dini hari ia melepaskan diri dari Sang Pangeran, namun Salim tak mau melepaskan hingga pengawal memaksa dan memisahkan keduanya.
Di kamar penjara itu ada dinding mencekung. Pengawal membawa Anarkali dan memasukkan ke cekungan itu. Setelah itu bata-bata segera dipasang menandakan bahwa ia akan di tutup dinding, dikubur hidup-hidup.
Pangeran Salim menjerit-jerit melihat kekasihnya dikubur hidup-hidup. Namun ia segera dibawa keluar dari penjara.
Versi sejarah lain menyebutkan bahwa Anarkali dan Sultan Akbar menyepakati perjanjian. Anarkali pura-pura dikubur hidup-hidup. Dinding di belakangnya bisa dibuka dan menembus ke sebuah terowongan yang akan digunakannya untuk kelua. Konon Sultan Akbar menepati janjinya. Segera setelah dinding di depannya tertutup, dibukalah dinding di belakangnya sehingga Anarkali bisa keluar. Sang ibu sudah menunggunya di sana dan mereka berdua lalu lari sepanjang terowongan hingga keluar dari India menuju Lahore.


Kisah ini dipercaya oleh masyarakat India dan Pakistan hingga saat ini. Orang yang pertama kali menceritakan Anarkali dan Pangeran Salim adalah seorang penjelajah dari Inggris William Finch dan Edward Terry. Pada awal abad 17 ia memberikan informasi mengenai makam dan kisah di baliknya.

Yahh.. Who Knows apakah kisah ini legenda atau nyata.  Tapi yang pasti sedih ya kisah cinta nya... :( 
Mereka tidak bisa bersatu hanya karna berlainan kasta, padahal mereka sudah saling mencintai... ckckck :'(

Minggu, 27 November 2011

BERI ORTU WAKTU


Merasa nggak, kalau selama ini kita suka merepotkan mama dan papa dengan banyak masalah. Dari mulai yang kecil seperti minta dibuatkan makanan favorit sampai yang besar minta uang untuk bayaran les.
 Nah, hari ini saatnya kita manjakan orangtua kita dengan membiarkan mereka berdua saja.
 Caranya gampang kok!


  • Bebas tugaskan mama dan papa dari semua pekerjaan rumah. Biarkan mama dan papa berleha-leha atau melakukan kegiatan favorit berdua saja.
  • Pesankan tiket bioskop untuk mama dan papa. Pilih film yang sedang menjadi box office. Biarkan mereka berdua merasakan serunya “pacaran” di bioskop lagi. 
  • Tanya sama tante atau nenek tentang tempat kenangan mama dan papa. Kalau sudah tahu, ajak mereka ke sana, kemudian tinggalkan mereka berdua di tempat kenangan itu.
  • Rela menjadi supir ke mana pun mama dan papa ingin pergi. Tapi, ada syaratnya ya… Kita benar-benar menjadi supir yang gak ikutan ngobrol atau nimbrung sama obrolan mereka ya…
  • Pergi menginap ke rumah nenek dengan kakak dan adik selama dua hari. Biarkan mama dan papa “mengusai” rumah berduaan saja.
  • Kalau nggak bisa pergi dari rumah, ajak kakak dan adik untuk menjadi invisible man. Jangan biarkan diri kita terlihat sama mama dan papa. Jadi, kalau mama dan papa sedang di ruang tengah, usahakan kita ada di ruang belakang. Pokoknya, usahakan untuk nggak bertemu dengan mereka.
  • Rayu mama dan papa untuk pergi berlibur. Carikan tempat liburan yang seru. Nggak usah terlalu jauh dari rumah, tapi lumayan jauh untuk berpisah dari anak-anaknya. Misalnya, kalau kita tinggal di Jakarta, Pulau Seribu bisa jadi alternative tempat yang cukup seru untuk liburan orangtua kita.

“Aku sama kakakku, Gracia Indri sering pergi berdua ke mal untuk meninggalkan mama dan papa berduaan di rumah. Soalnya, selama ini mama kan sering banget pergi sama aku atau kakak. Jadi, waktu berdua sama papa jarang” – Gisella Cindy (Artis)


Be A "PARENT"

Pernah nggak sih membayangkan capeknya jadi orangtua? Jadi seseorang yang harus selalu bisa diandalkan, harus selalu menjaga, mengawasi sekaligus melindungi. Belum lagi harus cari uang juga demi kita. Orangtua kita capek nggak, ya? Belum lagi, kadang kita suka nggak nurut. Kebayang nggak sih, kalau kita yang harus melakukan semua hal yang mereka lakukan?

Nah coba jadi orangtua deh, biar kita tahu gimana rasanya jadi mereka!

Coba deh kita seharian bareng sama adik kita yang jauh lebih kecil, dan berusaha menjaganya tanpa bantuan kedua orangtua atau babysitter. Kalau adik lapar, kita yang menyuapi. Kalau adik nangis kita juga yang harus menenangkannya. Walaupun Cuma sehari pasti kita udah bis amerasakan repotnya mengurus orang lain. Nah, orangtua kita melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun, lho!



Kita juga bisa mencoba jadi orang tua dengan cara memelihara binatang, seperti anjing, kucing, atau kelinci. Kita butuh disiplin yang tinggi supaya binatang peliharaan kita nggak terlantar. Mulai dari member makan hingga membersihkan kandangnya. Kita juga bisa merasakan betapa panic dan repotnya saat binatang kita sakit, walaupun nggak separah orang tua kita saat anaknya sakit.




Jadi Kakak Asuh. Dengan mendaftarkan diri menjadi kakak asuh, kita harus bis amembagi jadwal kegiatan sehari-hari kita dengan peranan kita sebagai seorang kakak yang membantu anak-anak terlantar. Belum lagi kita harus rela menyisihkan uang jajan kita agar bisa membantu kebutuhn mereka. Dari sini, kita bisa merasakan bagaimana orangtua kita harus menyisihkan penghasilannya demi memenuhi kenginan kita. Akhirnya, kita jadi belajar untuk nggak sembarangan minta uang  jajan untuk hal yang nggak perlu.



Coba deh jadi ketua kelas. Walau mungkin terlihat nggak berhubungan, tapi seorang ketua kelas bertanggung jawab atas semua murid yang ada di kelas tersebut. Kalau ada sesuatu yang terjadi, pasti ketua kelaslah yang dicari dan diminta pertanggung jawaban. Mirip mama-papa yang dipanggil ke sekolah kalau kita nakal kan? :p

Dan cara yang paling nyata adalah meminta mama beristirahat sehari penuh dan kita menggantikan semua tugasnya. Mulai dari bangun pagi untuk menyiapkan sarapan, mengurus rumah, dan juga membantu adik-adik kita mengerjakan berbagai tugas sekolah. Dijamin, malamnya kita akan tidur lebih lelap karena kecapekan.

Baru terasa deh kalau jadi orangtua itu nggak gampang. Bikin kita makin cinta mama dan papa~  <3

“Mamaku adalah segalanya! Beliau membantu mengerjakanapa saja dang nggak pernah complain. Aku nggak bisa ngebayangin gimana rasanya kalau mama nggak ada. Tapi, aku lebih nggak bisa ngebayangin lagi gimana rasanya jadi mama yang harus melakukan semuanya” -Aliana Lohan (Artis)

BUAT MAMA-PAPA TERSENYUM :)

Kalau bikin mama-papa marah mungkin udah sering kali ya.. Tapi kapan sih kita menyenangkan hati ortu kita? Atau jangan-jangan belum pernah lagi??? #tegaamat

Asal tahu aja, salah satu prestasi terbesar dalam hidup kita adalah kalau kita bisa membahagiakan orang-orang yang kita sayangi. 

Makanya, kita cari cara bikin mama-papa happy~


Berprestasi di sekolah/kampus

Orangtua mana sih yang ‘gak senang anaknya berprestasi? Nggak perlu nunggu sampai pembagian raport atau nilai IPK keluar untuk bikin mereka bangga. Cukup dengan nunjukkin hasil kita ulangan yang bagus atau sekadar cerita kalau ada guru/dosen memuji hasil kerja kita di kelas. Mengundang mama-papa untuk nonton pertandingan basket kita, so pasti bisa membuat mereka tersenyum bangga.


Mandiri

Sering banget kan dengar omelan mama/papa soal kamar kita yang berantakan? Kini saatnya kita bikin mama-papa senang dengan melakukan beberapa pekerjaan rumah yang membuat kita terlihat mandiri. Misal, membereskan kamar, membuat sarapan, membereskan rumah, sekalian kita membantu mbak di rumah. Mama-papa pasti merasa telah berhasil membesarkan kita deh!




Jadi “sandaran” di rumah

Satu hal yang bisa bikin mama-papa kita tersenyum bahagia adalah kalau kita bisa jadi andalan atau “sandaran” di keluarga. Kita nggak perlu sampai ikut mencari uang untuk membiayai keluarga sih.. Tapi kita bisa mulai dengan membantu adik kita mengerjakan pr, jadi tempat curhat buat kakak, atau selalu siap menggantikan mama belanja di pasar atau malah ngurusin adik kita yang masih baby.


 Manjain mama-papa

Walaupun sebagian orangtua bilang kalau mereka nggak perlu dimanja sama anaknya, tapi jauh di dalam lubuk hati mereka pasti senang juga dapat perhatian dari kita. Mijitin mereka kalau mereka kelihatan capek, atau mentraktir mereka makan nasi goring depan rumah juga bisa kok bikin mereka senyum-senyum senang.


“Percaya atau nggak, mamaku paling senang kalau aku ajak makan siang bareng. Walaupun sibuk dengan syuting film, aku selalu curi-curi waktu untuk ngajak mama makan berdua. Kita selalu pergi makan siang ke restoran favorit mamaku. Bukan hanya mentraktir mama makan, saat inilah kita berdua bisa saling curhat. Nggak heran kalau kita bisa ngobrol sampai berjam-jam”. Jake Gylenhaal (Aktor)

Jumat, 11 November 2011

MENIKMATI "RIBETNYA" BUANG SAMPAH DI JEPANG

Tau 'gak? Salah satu keribetan yang harus dialami saat kita tinggal di Jepang adalah membuah sampah! Wah, kok bisa?
Soalnya, masalah sampah ini bisa dibilang selalu menjadi polemik, terutama bagi warga negara asing karena ketidaktahuan atau ketidakketerbiasaan dengan peraturan yang ada. Warga Jepang sendiri bisa dibilang super cerewet untuk urusan buang membuang ini.

Jenis Sampah

sampah petto botoru (pet bottle).
Hal yang paling mendasar dari proses membuang sampah adalah memilah sampah (bunbetsu) berdasarkan jenisnya. Tentunya buat kita pasti repot banget pada awalnya. Belum lagi kita harus membeli dua jenis kantong plastik sampah, karena tidak boleh memakai sembarang kantong. Duuh.. repotnya...
Dua kantong plastik tersebut berwarna hijau untuk sampah yang masih bisa diolah secara alami / organik (moerugomi) dan warna putih untuk sampah yang tidak bisa diolah secara alami / anorganik (moenaigomi). Tapi, dua warna ini tidak berlaku di semua wilayah lho... Setiap wilayah memiliki warna tersendiri untuk membedakan kedua jenis sampah tersebut.
Dan hal itu berarti, kantong sampah yang dibeli di wilayah Iwata, sudah pasti tidak akan bisa dipakai di wilayah Tokyo. Jadi berhati-hati yaa...
Dan kantong sampah ini dijual secara bebas di supermarket dalam berbagai macam ukuran. Ada yang kecil, sedang, besar dan dengan desain yang berbeda tergantung kota.
Dua jenis sampah yang telah aku sebutin di atas kemudian di bagi lagi dalam beberapa jenis. Jangan sampai salah ya, malu kan ntar ditegur terus di omelin. Walau kita juga 'gak ngerti, ngomong apaan sih?? Hahaha..

Kembali ke jenis-jenis sampah itu, Moerugomi ; terdiri dari sampah rumah tangga, seperti sampah dapur, foto-foto, pampers, potongan kayu, dan bantal. Khusus untuk sampah dapur (sampah makanan, kulit buah, dll) terlebih dahulu harus dibuang dulu airnya alias di peras, baru dimasukkan ke dalam kantong sampah.

Moenaigomi, terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
  1. Sampah kaleng. Seperti kaleng minuman, makanan kaleng, dan kaleng spray.
  2. Botol minuman. Seperti botol plastik minuman, botol kaca yang dipisahkan berdasarkan warna, putih, coklat dan lain sebagainya.
  3. Botol minyak goreng.
  4. Wadah yang terbuat dari plastik. Seperti cup bekas mie instan, tutup botol plastik, botol shampo, dll.
  5. Benda-benda yang mengandung unsur besi dan alat-alat elektronik skala kecil, seperti panci, hairdryer, karpet listrik, kipas angin, jam, dll.
  6. Benda-benda yang mengandung unsur kimia, seperti baterai, lampu, termometer, dll.
  7. sampah kertas, terdiri dari majalah, koran, komik, dan kardus. Dan diusahakan agar sampah-sampah jenis ini terlebih dahulu diikat dengan tali agar rapih.
  8. Benda plastik Olahan. Seperti mainan yang terbuat dari plastik, kotak cd, ember, sikat gigi, pemantik api, dll. Jika ada sampah pemantik api, dianjurkan untuk membuang sisa gas yang tersisa untuk mencegah terjadinya kebakaran.
  9. Benda kaca olahan. Seperti cawan, gelas, lampu, botol kosmetik, dll. Nah... ada catatan tersendiri buat sampah jenis ini. Kalau kita ingin membuang sampah pecahan kaca, diharuskan untuk di bungkus terlebih dahulu dengan kertas dan menuliskan kata "kiken (bahaya)" di permukaannya.
Variasi kantung sampah untuk berbagai jenis sampah.

Jadwal Membuang Sampah


Nah... Sekarang kita akan membicarakan tentang jadwal membuang sampah. Hati-hati! Jangan sampai salah hari membuang lho~ Bisa-bisa sampah itu tidak akan diangkut dan akan ditempel kertas berisikan pemberitahuan keras, bahwa sampah ini telah melanggar peraturan (^_^;)
barang-barang yang dijual di recycle shop
Jika wilayah tempat tinggal kita mewajibkan untuk menuliskan nama dan alamat di kantong sampah, maka bisa dipastikan sampah yang salah hari itu akan nongkrong dengan manisnya di depan rumah elu elu pada sekalian.
Selain Moerugomi yang memiliki jadwal di buang seminggu dua kali, dan moenaigomi jenis plastik biasa yang memiliki jadwal buang seminggu satu kali, jenis-jenis sampah yang lain hanya memiliki jadwal buang-buang satu bulan satu kali. Moenaigomi jenis plastik biasa ini, biasanya berbentuk kantong plastik, tutup botol plastik, pokoknya yang biasa-biasa gitu deh.
recycle shop
Jika jadwal tersebut terlewatkan, bisa dipastikan kita harus menyimpan sampah tersebut selama satu bulan, sampai jadwal berikut tiba! Oh iya, setiap rumah atau apartement di wilayah Jepang, pasti akan menerima kalender jadwal pembuangan sampah. Sesuai dengan wilayah masing-masing dari perintah setempat yang dikirim via kantor pos tanpa dipungut biaya sama sekali, sebab sudah termasuk dalam pembayaran iuran sampah yang kita bayar sebulan sekali.


Sampah Khusus dan Cara Membuangnya

Ada beberapa hal lain yang masih berhubungan dengan sampah menyampah ini. Jenis sampah yang bisa dibuang secara gratis memiliki batasan. Untuk jenis sampah yang sudah aku sebutkan diatas tentu saja kita bisa membuangnya secara gratis.
 Lho, memangnya ada yang buang sampah harus bayar?? Ooh... ada dong...
Ada beberapa jenis sampah yang menuntut kita mengeluarkan uang jika ingin membuangnya. Nah seperti apa yang butuh uang itu??
Jenis sampah seperti lemari, meja, kursi, TV, komputer, AC,kulkas, microwave, dll, yang sudah jelas hukum nya tidak bisa dibuang ditempat biasa. Jika kita ingin membuang benda-benda seperti itu, kita harus melihat kembali jadwal pembuangan sampah barang besar yang telah diberikan pemerintah setempat. Dan, tentunya kita harus membeli semacam kupon, dengan harga bervariasi sesuai dengan jenis sampah besar yang ingin kita buang, lalu kupon itu harus kita tempel ke objek (sampah), sebagai bukti kita membuang sampah secara legal.

tempat sampah untuk kertas, gelas kaca, dan botol plastik (dari kiri-kanan).
Selain cara membeli kupon, kita juga bisa "membuang" sampah jenis ini ke toko barang bekas (chuuko). Karena pengolahan jenis ini membutuhkan biaya tersendiri, biasanya penduduk lebih memilih untuk menjual barang-barang tersebut ke chuuko Walaupun kadang-kadang tidak akan ada uang yang diterima alias zero-en atau gratis, tapi kebanyakan penduduk tidak keberatan. Ini lebih baik daripada harus membeli kupon, kan?

Tapi, ada juga "kasus" di mana justru kita harus membayar ke chuuko, atau sebaliknya, kita malah dibayar oleh chuuko. Lain halnya, jika kita membeli barang elektronik baru di toko, misalnya TV, biasanya pihak toko akan menanyakan apakah TV lama sudah tidak terpakai? Kalau tidak terpakai, mereka akan megambilnya dengan GRATIS!
 Lho, enak di mereka dongg??! Eitss... Jangan salah...
Kalau kita tidak membeli apapun dari toko tersebut dan ingn membuang (me-recycle) barang elektronik yang kita miliki ke toko mereka, biasanya akan dikenakan biaya bervariasi, mulai dari 1000 Yen, tergantung dari jenis dan ukuran benda kita.
Karna itu, penduduk setempat yang malas berurusan dengan biaya-biaya seperti ini, lebih memilih untuk membuang sampah-sampah besar sesuka hati mereka. Kadang mereka membuang ke laut, ke gunung, atau di pinggir  jalanan yang sepi. Ck ck ck... 'gak nyangka ya ada juga yang bandel...hha
bersih banget walau di lorng sekali pun.
Tidak terlihat sampah sedikitpun...


Tapi, walau ada juga yang bandel, yang mematuhi aturan lebih banyak. Sehingga Jepang tetap terlihat bersih dan rapi. Dan bukannya nggak mungkin Indonesia juga bisa bersih dan rapi, 'kan sudah ada contohnya di negara lain (^w^).

Makanya, yuuuks kita lakukan yang bisa kita lakukan untuk urusan sampah ini, dimulai dari memilah moerugomi dan moenaigomi, Ayo Indonesia BISAAA! \(^0^)/

Kamis, 10 November 2011

FUTON IS....



Kawand, pasti sering kan denger yang namanya kasur ala Jepang, alias Futon. Di komik-komik sering banget kan di sebutin.hhi...

Nah, futon merupakan kasur tradisional yang biasa dipakai oleh masyarakat Jepang. Walaupun sudah banyak yang memakai kasur ala barat, tapi masih banyak juga kok orang yang senang menggunakan futon. Apalagi bagi mereka yang tinggal di rumah atau apartemen yang kecil. Mereka akan lebih memilih futon karena tidak terlalu memakan tempat.

Futon mempunyai ketebalan sekitar 5 cm atau kira-kira 2 inchi. Biasanya futon dijual seperangkat yang terdiri dari Shikibuton yaitu alas untuk kasur, Kakebuton atau kasur, dan Makura yaitu bantal.
Set seperti ini biasanya dijual seharga kurang lebih 10.000 yen.

Berbeda dengan kasur yang biasa kita gunakan, futon dirancang untuk digelar di atas lantai tatami. Dan karena keterbatasan ruang, jika tidak digunakan, futon akan disimpan dalam oshiire (lemari), sehingga ruangan pun dapat beralih fungsi menjadi ruang kerja atau ruang tamu. Selain itu, hal ini dilakukan agar tatami dapat "bernafas". Oshiire sendiri terdiri dari dua pintu yang di dorong.

Untuk melengkapi tempat tidur, pastinya kita harus membeli bantal, guling serta selimut secara terpisah kan... Tapi lain halnya dengan futon, kita harus membeli satu set yang sudah merangkap semuanya. Tadi udah aku sebutin kan apa aja, aku lebih jelasin lagi ya..

Shikibuton (Alas Kasur) : Lapisan tipis yang sudah diisi dengan kapas asli atau sintentis yang kemudian di bungkus dengan kain. Kain pembungkusnya pun berupa kain yang biasa di pakai untuk musim dingin.
 Kakebuton (Kasur) : Biasanya diisi dengan bulu angsa agar terasa ringan dan nyaman. Dan, sudah pasti bagian ini merupakan bagian termahal dari sebuah futon! Sebab, penggunaan kakebuton biasanya disesuaikan dengan musim! Pada musim dingin, digunakan kakebuton yang tebal, sedangkan pada musim panas digunakan kakebuton yang tipis. Ribet ribet...
Makura (Bantal) : Bantal yang berisi biji-bijian, atau manik-manik dari plastik. Bagi yang tidak terbiasa dengan bantal seperti ini, dapat diganti dengan bantal biasa yang berisi kapas atau bulu angsa.

Sebagai catatan, menginjak atau berjalan di atas futon dianggap tabu untuk masyarakat Jepang. Untuk pemeliharaannya futon perlu dijemur sekitar dua minggu sekali atau seminggu sekali. Sedangkan pada musim hujan karena kelembapan di Jepang cukup tinggi, diantara kakebuton dan shikibuton biasanya diselipkan futon kansouki yang berfungsi sebagai pemanas sehingga futon tidak basah karena lembap. Ternyata perawatan futon lebih berat daripada ranjang kita ya... :o

Saat dijemur, futon perlu ditebah dengan penebah yang biasanya terbuat dari bambu. Menurut ahli kesehatan tidur diatas futon ini lebih sehat daripada tidur di atas kasur yang empuk, lho~ sebab kerasnya lantai sangat baik untuk punggung kita, terutama bagi mereka yang memiliki sakit punggung dan pinggang. Perlu nih di rekomendasikan buat Engkong ato Nyak Babe.. :D

Dan ternyata futon bukan hanya di nikmati oleh orang Jepang, di barat pun futon digemari, lho~ Tapi, futon ala barat ini dirancang sesuai kebutuhan mereka. Biasanya futon ditaruh di atas penyanggah kayu sehingga bisa digunakan sebagai sofa, dan bisa juga diubah menjadi tempat tidur.

Nah, bagaimana dengan lu-lu pada?? Kalau teman-teman ingin menjadikan futon sebagai tempat tidur kedua, misalnya untuk tidur siang dan lain sebagainya, gue saranin sih untuk membeli futon yang tipis dan tidak banyak lipatan, agar tidur siang tidak terganggu.
Boleh-boleh saja sih kalau ingin membeli yang tebal.... Tapi pada umumnya futon yang tebal hanya digunakan untuk tidur pada malam hari atau tempat tidur utama. Sebab futon yang tebal biasanya mahal dan dirancang khusus untuk tidur dalam suhu dingin dan dalam waktu yang cukup lama.

Walaupun harganya tidak terbilang murah, namun seperti yang sudah gue jelasin, futon tidak berfungsi sebagai alas tidur saja, tapi dapat juga menyembuhkan sakit punggung. Selain itu, futon juga terasa lembut dan nyaman, serta menghemat ruang. 
Kalau pada mau mencoba menikmati pengalaman baru saat tidur dan ingin kamarnya lebih luas pada siang hari, tidak ada salahnya mencoba tidur dengan kasur ala Jepang ini.... ;)




~ HAPPY SLEEP WELL~

HAIR DIARY

Pernah 'gak bertanya-tanya tentang rambut-rambut di tubuh kita??.. kenapa sih ada rambut di dalam hidung misalnya.. hha..
Cek info di bawah ini deh ;)

Kenapa Bulu Mata Nggak Bisa Panjang? 


Beda sama rambut yang bisa tumbuh sampai tahunan, umur pertumbuhan bulu mata cuma sekitar 2-3 bulan. Setelah itu,pertumbuhannya akan menurun, lalu rontok. Tapi, karena siklus pertumbuhan setiap helai bulu berbeda, makanya bulu mata kita nggak pernah rontok semua secara bersamaan.

Kenapa Rambut Dipotong Nggak Sakit?

 Di rambut nggak ada sel hidup sama sekali. Rambut kita seluruhnya terbentuk terbentuk atas protein yang disebut kerantin. Makanya kalau dipotong nggak sakit. Yang sakit itu kalau rambut dicabut dari akarnya, karena lapisan kulit kepala kita punya sel syaraf perasa.

Kenapa Ada Rambut Lurus, Keriting, Dll?
Zat kerantin di rambut kita, terbentuk atas atom-atom individual yang saling mengikat. Semakin kuat ikatannya, maka akan makin keritinglah rambut seseorang. Kalau ikatannya semakin longgar, maka rambutnya makin lurus. Itulah kenapa kalau kita rebonding atau keriting di salon, hasilnya cuma sementara. Rambut pasti balik ke asal, karena kerantin baru yang di hasilkan, besar ikatannya tetap sama dengan yang sebelumnya.

Kenapa Alis Nggak Boleh Dibabat Habis?

Sama kayak bulu mata, alis itu berfungsi mencegah kotoran atau benda asing lain masuk ke mata kita. 
Contohnya air hujan atau keringat. Kalau sudah di hadang alis, hujan atau keringat nggak bakal bisa langsung tembus ke dalam mata kita.

Kenapa Ada Bulu Hidung?

  Rambut di hidung, atau vibrissae, memegang peranan penting dalam proses pernapasan. Mereka menyaring kotoran dan mencegah debu terhirup masuk ke dalam paru-paru. Hasil saringannya sendiri kita kenal dengan kotoran hidung. Seiring bertambahnya usia, rambut di dalam hidung ini bisa tambah lebat, lho!

Kenapa Bulu Ketiak Pasti Keriting? 
 Rambut di daerah ketiak dan genitla memang cenderung keriting. Alasannya, jaringan folikel pada kedua area ini berbentuk oval. Setiap helai rambut yang tumbuh akan saling bertautan satu dengan yang lain, sehingga membentuk tekstur keriting. Makanya, harus rajin di trim atau di shave, ya!
 

Cegah Flu!!


Kalau lagi musim pancaroba atau perubahan cuaca bikin tubuh kita tuh melakukan proses adaptasi. Dan sering banget bikin kita sakit. Segala penyakit datang karena daya tahan tubuh kita berkurang. Salah satunya penyakit Flu.
Penyakit ini emang kesannya remeh. Namun, gejala seperti pusing, demam, pilek, batuk dan radang tenggorok, dll sangat mengganggu aktivitas keseharian. Belajar jadi buyar dan kurang konsentrasi. Belum lagi temen-temen kita atau keluarga kita bahkan pacar kita jaga jarak agar tidak tertular! Sedih banget :(
Namun, sebenarnya kita tidak perlu terkena flu jika kita tahu cara pencegahannya. 
First, berolahraga secara teratur. Usahakan minimal olahraga 3x dalam seminggu. Atau lakukan olahraga rutin minimal sekitar 20 menit.
Kedua, dengan cara mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi tepat dan seimbang. makan asal banyak aja tidak cukup sob, sebab kuantitas makanan tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas nutrisi yang terkadung di dalamnya. Jadi pastikan kecukupan kandungan gizi, seperti karbhohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat terdapat dalam makanan.
Ketilu, minumlah air yang cukup, sekitar dua liter atau setara 6-8 gelas air dalam sehari. Konsumsi air yang cukup bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh. Selain itu, kita juga bisa terhindar dari dehidrasi.
Ka Opat, istirahatlah yang cukup. Kalo kita kurang tidur bisa memengaruhi daya tahan tubuh lho! Manfaatkan waktu istirahat dengan tidur sekitar 5-8 jam sehari.
Khamsatun, rajin-rajinlah mencuci tangan dengan sabun. Apalagi yang sering ngupil, nyadar diri aja deeh.. :p . Pokoknya sebelum, sesudah makan, sesudah buang air dan seusai berpergian cuci dulu deh tangannya. Soalnya itu tuh membantu menghilangkan kuman dan bibit penyakit lainnya.
Roku, tentunya mencegah dengan cara kurangi kontak secara langsung dengan penderita flu. Ntar bbm-an, sms-an atau wa-an aja terus, 'gak usah ketemuan..hha. Namun, jika kondisi kita cukup fit, kita bisa lumayan aman-lah dari serangan-serangan flu orang tsb.

Jadi, untuk mencegah flu, jagalah kondisi fisik agar tetap sehat dan bugar. ;)

Sabtu, 05 November 2011

CINTA ANARKALI - RELA DIKUBUR HIDUP-HIDUP

Pasar Anarkali yang cukup populer di Lahore

Ada beberapa kisah cinta karena dialami orang-berpengaruh serta saking fenomenalnya cinta mereka hingga di catat dalam sejarah. Sebut saja kisah cinta Raja romawi dan Ratu Mesir Cleopatra, kisah Juan dan Evita Peron, dll.
Dan ini adalah kisah cinta yang terjadi di awal abad 16, pada masa kekaisaran Mughal. Kisah cinta dramatis ini antara Pangeran Salim dan Anarkali, seorang gadis penari dari kalangan biasa.

Pangeran Salim adalah putra Sultan Akbar yang Agung dari Kekaisarn Mughal, India ( 1542-1605). Pada masanya, Kesultanan Mughal mengalami masa keemasan, tak heran ia mendapati julukan The Great Mughal Emperor. Dari ratunya, Mariam uz Zamani, Sultan memiliki 3 putra, si kembar yang meninggal saat masih kecil serta Pangeran Salim yang kelak menjadi Sultan Jahangir (1605-1627).
Pangeran pewaris takhta ini dikenal sebagai pangeran yang manja, tidka disiplin bahkan cenderung kasar. Jelasnya tidak menunjukkan diri sebagai calon raja. Hal itu membuat Sultan Akbar cemas dan khawatir, mungkinkah kelak Salim bisa menjadi penerusnya, seorang raja yang berkuasa dan diharapkan rakyatnya?
Untuk mendidiknya, Sultan mengutus Pangeran Salim terjun memimpin tentara di medan-medan peperangan. Dengan demikian menurut Sultan, Salim akan belajar memimpin, membuat keputusan, dan menjadi lebih bijaksana, bekalnya kelak sebagai raja.
Dan selama 14 tahun lah Pangeran Salim berada di tengah-tengah pasukan.

Pangeran Salim Bertemu Pujaan Hati

Gambaran Anarkali dan Pangeran Salim

Ketika kembali dari medan pertempuran, Pangeran Salim disambut para ibunya, Ratu serta selir-selir di Istana Lahore dengan suka cita. Kedatangannya dirayakan dengan pesta meriah dan mujra, tari-tarian dengan penari muda terkenal Nadeera, gadis biasa putri Noor Khan Argun.
Nadeera dikenal memiliki keindahan luar biasa dengan kemampuan tari memesona. Ditambah kebeliaan membuatnya bak bunga mekar. Sultan Akbar sendiri menjulukinya Anarkali atau bunga delima nan mekar.
Pangeran Salim menyaksikan Si Delima Mekar, dan saat itu juga tersambar panah asmara, membuatnya seketika jatuh cinta.
Sejak itulah kisah cinta mereka dimulai. Anarkali, demikian selanjutnya ia dipanggil, seorang gadis dari kasta biasa menyambut cinta Sang Pangeran. Cinta mereka mekar dan penuh gelora seiring dengan merambatnya usia masing-masing.
Awalnya percintaan mereka berlangsung secara sembunyi-sembunyi. Sebagai seorang Pangeran, Salim memahami bahwa ia akan menikahi seorang putri pula, yang dalam dirinya mengalir darah seorang raja. Pernikahan yang lebih bersifat politis demi melanggengkan kekuasaan dan menyatukan dua kekuatan.

Ditentang Raja Hingga Salim Akan Dihukum Mati
Anarkali dan Pangeran Salim dalam versi film


Sebelum Pangeran Salim menceritakan rencananya menikahi gadis penari Anarkali, angin telah menyenandungkan kisah cinta mereka ke telinga raja. Sultan Akbar sangat marah. Ia langsung memanggil putranya dan meminta ia melupakan cintanya pada Anarkali. Namun Pngeran Salim menolaknya.
Karena tetap saja Pangeran Salim berhubungan dengan Anarkali, Sultan Akbar kembali mengirim putra mahkotanya itu ke medan perang untuk menaklukkan daerah-daerah lain dan meluaskan kekuasaan Mughal, sekaligus untuk menjauhkan Salim dari Anarkali. Berbulan-bulan Pangeran di sana, ttap saja ia berhubungan dengan Anarkali. Ketika kembali ke Istana ia bahkan sudah berencana memperistrinya. Sultan Akbar lebih-lebih murkanya kali ini. Betapa tidak, Pangeran Salim adlah putra mahkota, penerus takhtanya.
Bersamaan dengan itu Pangeran Salim melancarkan kudeta untuk merebut kekuasaan dari ayahnya.
Pusat kesultanan pada waktu itu sudah pindah dari Lahore ( sekarang Pakistan) ke India. Pangeran Salim tak saba runtuk berkuasa. Namun sayang kudetanya gagal, ia pun ditangkap dan akan dijatuhi hukuman mati. 
Pada detik-detik hukuman itu, Anarkali datang menghadap Sultan Akbar memohon pengampunan dan pembebasannya. Setelah berfikir panjang serta karena kasih sayangnya yang besar pada putranya, Sultan yang bijaksana itu mengabulkan dengan satu syarat. Yakni, Anarkali harus meninggalkan Pangeran Salim selama-lamanya, bahkan meninggalkan India.
Demi cintanya pada Sang Pangeran, Anarkali setuju. Sultan sebelumnya mengizinkan Anarkali menghabiskan satu malam di penjara bersama Sang Pangeran untuk terakhir kalinya.


Anarkali 'Dikubur' Hidup-Hidup

Diyakini sebagai makam Anarkali atau dikenal dengan nama Neeka Gumbad

Pada hari yang ditentukan, Anarkali datang ke penjara tempat Pangeran ditahan. Mereka berpelukan saling bertangis-tangisan. Anarkali meminta Sang Pangeran menerima takdirnya menjadi raja yang besar tanpa dirinya. "Aku akan pergi, sednagkan kau akan menjadi raja, raja yang besar", ujar Anarkali seperti yang dikutip dalam salah satu filmnya, Anarkali.
Pangeran menolak permintaan Anarkali. Sepanjang malam itu mereka hanya berpelukan seakan tak ingin dipisahkan lagi.
Tapi Anarkali hanya sekadar melembutkan hati Sang Pangeran. Ia berencana memenuhi janjinya pada Sultan Akbar. Maka pada dini hari ia melepaskan diri dari Sang Pangeran, namun Salim tak mau melepaskan hingga pengawal memaksa dan memisahkan keduanya.
Di kamar penjara itu ada dinding mencekung. Pengawal membawa Anarkali dan memasukkan ke cekungan itu. Setelah itu bata-bata segera dipasang menandakan bahwa ia akan di tutup dinding, dikubur hidup-hidup.
Pangeran Salim menjerit-jerit melihat kekasihnya dikubur hidup-hidup. Namun ia segera dibawa keluar dari penjara.
Versi sejarah lain menyebutkan bahwa Anarkali dan Sultan Akbar menyepakati perjanjian. Anarkali pura-pura dikubur hidup-hidup. Dinding di belakangnya bisa dibuka dan menembus ke sebuah terowongan yang akan digunakannya untuk kelua. Konon Sultan Akbar menepati janjinya. Segera setelah dinding di depannya tertutup, dibukalah dinding di belakangnya sehingga Anarkali bisa keluar. Sang ibu sudah menunggunya di sana dan mereka berdua lalu lari sepanjang terowongan hingga keluar dari India menuju Lahore.


Kisah ini dipercaya oleh masyarakat India dan Pakistan hingga saat ini. Orang yang pertama kali menceritakan Anarkali dan Pangeran Salim adalah seorang penjelajah dari Inggris William Finch dan Edward Terry. Pada awal abad 17 ia memberikan informasi mengenai makam dan kisah di baliknya.

Yahh.. Who Knows apakah kisah ini legenda atau nyata.  Tapi yang pasti sedih ya kisah cinta nya... :( 
Mereka tidak bisa bersatu hanya karna berlainan kasta, padahal mereka sudah saling mencintai... ckckck :'(

 

CHEER UP!! がんばって~ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal