Kamis, 05 Januari 2012

3D MAX : TUTORIAL #1 : DEKSTOP(1)

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 20.23

1.       MODELING

Membuat Kaki Meja Dengan Box
  1.    Sebelum di mulai membuat objek, sebaiknya aktifkan tool Snap Toggle (gambar magnet dan ada pangkat 3 nya), agar gambar akan selalu tepat menempel ke grid (kotak-kotak kecil abu-abu) yang ada di Viewport.
  2. Untuk membuat kaki meja, klik panel Create -> Geometry -> : Box
  3. Di Viewport Perspective, drag agar membentuk kotak sbb:

4.       Aktifkan / klik kotak tersebut. Lalu klik panel Modify, di Command Panel tsb atur parameter Length, Width, Height nya untuk mengubah ukuran kotak.
 
Meng-Copy Kaki Meja

1.       Di Viewport Top, aktifkan tool Select and Move. Klik di box tersebut untuk mengaktifkannya, maka akan tampil panah X dan Y. 
2.       Untuk meng-copy objek, tekan dan tahan tombol Shift. Lalu tekan dan Geser(Drag) panah sumbu Y ke atas. Maka tampil kotak dialog Clone Options. Pilih Instance agar jika salah satu kaki meja diubah parameternya, otomatis kaki meja yang lain ikut berubah. OK. 
3.       Untuk memilih banyak objek, tahan tombol Ctrl di Keyboard, lalu klik box yang lain.
4.       Copy 2 kaki meja sekaligus. Shift + Drag panah kanan kedua box ke posisi lain. Di kotak dialog Clone Options aktifkan  object Instance. Kini sudah ada 4 kaki meja. 
5.       Untuk membuktikan kemampuan Instance, klik salah satu kaki meja tsb, klik panel Modify, lalu coba rubah parameter Length, Width, & Height nya, otomatis 3 kaki meja yang lain berubah.
 
 
Membuat Papan Meja Dengan Cylinder

1.       Klik panel Create -> Geometry -> : Cylinder dengan parameter sebagai berikut :

2.       Di Viewport Perspective, drag dari tengah lantai sehingga membentuk papan clynder 
3.       Untuk menggeser papan tersebut ke atas, bukan di lantai, di Viewport Perspective Klik/aktifkan clynder tsb. Klik tool Select and Move. 
4.       Drag sumbu Z (panah biru) sehingga posisi clynder berada di atas kaki meja. Sebaiknya melihat di Viewport yang lain untuk memastikan posisi clyinder berada di atas meja.




0 komentar on "3D MAX : TUTORIAL #1 : DEKSTOP(1)"

Kamis, 05 Januari 2012

3D MAX : TUTORIAL #1 : DEKSTOP(1)


1.       MODELING

Membuat Kaki Meja Dengan Box
  1.    Sebelum di mulai membuat objek, sebaiknya aktifkan tool Snap Toggle (gambar magnet dan ada pangkat 3 nya), agar gambar akan selalu tepat menempel ke grid (kotak-kotak kecil abu-abu) yang ada di Viewport.
  2. Untuk membuat kaki meja, klik panel Create -> Geometry -> : Box
  3. Di Viewport Perspective, drag agar membentuk kotak sbb:

4.       Aktifkan / klik kotak tersebut. Lalu klik panel Modify, di Command Panel tsb atur parameter Length, Width, Height nya untuk mengubah ukuran kotak.
 
Meng-Copy Kaki Meja

1.       Di Viewport Top, aktifkan tool Select and Move. Klik di box tersebut untuk mengaktifkannya, maka akan tampil panah X dan Y. 
2.       Untuk meng-copy objek, tekan dan tahan tombol Shift. Lalu tekan dan Geser(Drag) panah sumbu Y ke atas. Maka tampil kotak dialog Clone Options. Pilih Instance agar jika salah satu kaki meja diubah parameternya, otomatis kaki meja yang lain ikut berubah. OK. 
3.       Untuk memilih banyak objek, tahan tombol Ctrl di Keyboard, lalu klik box yang lain.
4.       Copy 2 kaki meja sekaligus. Shift + Drag panah kanan kedua box ke posisi lain. Di kotak dialog Clone Options aktifkan  object Instance. Kini sudah ada 4 kaki meja. 
5.       Untuk membuktikan kemampuan Instance, klik salah satu kaki meja tsb, klik panel Modify, lalu coba rubah parameter Length, Width, & Height nya, otomatis 3 kaki meja yang lain berubah.