Mencari Informasi yang Dibutuhkan
Pada Sistem Informasi
Pemasaran Produk Otomotif ADM
Anggota Kelompok:
·
Fildzah Zhafrina
(12110781)
·
Rahmi Imanda
(15110587)
·
Syifa Rizki
Amanda (16110803)
·
Teuku Arif
Nurhadi (16110864)
·
Zahrina Y.S (
18110816)
2013/2014
Kebutuhan
Sistem Informasi
Semua
organisasi membutuhkan aliran informasi yang membantu manajer untuk mengambil
bermacam keputusan yang dibutuhkan. Aliran informasi ini diatur dan diarahkan
dalam suatu sistem informasi. Sistem informasi berperan dalam proses
pengambilan keputusan operasional harian sampai perencanaan jangka panjang .
Sistem
informasi berbasis komputer mempunyai 6 bagian: hardware, software,
data/informasi, prosedur, komunikasi dan orang. SI ditentukan dalam perusahaan
bergantung pada sifat dan struktur bisnisnya. Ini berarti SI bersifat
modifikatif terhadap kebutuhan organisasi.
Data mengalir dari bermacam sumber
seperti :
konsumen
yang membeli produk atau layanan, penjual yang menyediakan barang, bank, agen
pemerintah, dan agen asuransi. Sistem informasi membantu organisasi mengolah
data tersebut menjadi informasi yang lengkap dan berguna.
Studi Kasus : Strategi Pemasaran pada Perusahaan Mobil ADM
Inovasi merupakan hal yang mutlak harus dilakukan
oleh setiap perusahaan. Apalagi di tengah maraknya persaingan melawan
competitor. Perusahaan mesti semakin pandai membaca peluang dan memanfaatkannya
untuk memenangi persaingan.
Persaingan
di bidang otomotif memang dapat dikatakan sebagai persaingan yang cukup sengit.
Produk baru semakin banyak keluar dan memikat hati masyarakat dengan setiap
keunggulannya, mulai dari desain, mesin, fungsi dan beragam manfaat lainnya.
PT.
ADM adalah salah satu perusahaan yang menerapkan inovasi ketika penjualan
produk menurun. Ada kalanya beberapa pertanyaan akan muncul ketika proses
inovasi menjadi pilihan. ADM mampu belajar dari pengalaman lalu ketika Daihatsu
Zebra dirasa tidak lagi kompeten untuk bersaing dengan produk kompetitor.
Terutama ketika Zebra bersaing dalam segmentasi kendaraan niaga, yang tolak
ukur perbandingannya adalah kapasitas daya angkut. Munculnya Grand Max mampu
menutupi kekurangan tersebut. Memikirkan cara yang tepat untuk mengomunikasikan
manfaat produk kepada pelanggan juga merupakan hal yang penting, selain
memikirkan cara mengedukasi pelanggan agar mengenal produk kita lebih jauh.
Secara garis besar apa yang dilakukan ADM sudah mencakup tiga hal penting dalam proses inovasi, yaitu product development, service development, dan delivery process. Sebab, bagi sebuah perusahaan, hal yang penting agar bisa memenangi kompetisi adalah kemampuan mengembangkan produk dan layanan baru, serta memberikannya kepada pelanggan. Inovasi yang focus pada harapan pelanggan merupakan cara jitu ADM untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Sebab, kepuasan pelanggan hanya akan terjadi ketika performa Grand Max sesuai dengan apa yang diharapkan. Dan kenyataannya, ADM berhasil memadukan kedua hal tersebut.
Informasi
yang dibutuhkan
1.
Untuk Pengembangan
Produk
- Data produk lama : kualitas, kuantitas, fasilitas.
- Data penjualan : kurva penjualan (grafik yang menggambarkan kenaikan ataupun penurunan volume penjualan dari periode anggaran tertentu, baik itu tahunan, bulanan, ataupun mingguan).
2.
Pelayanan
terhadap pelanggan
- Data hasil survei berupa kuesioner tentang kepuasan dan harapan tentang pelayanan.
- Data tingkat persepsi (perceived value) pelanggan terhadap kualitas layanan yang diterimanya.
- Data tingkat harapan (expected value) pelanggan terhadap kualitas layanan yang diinginkan.
0 komentar on "ANALISIS KINIRJA SISTEM"
Posting Komentar