Kamis, 10 November 2011

FUTON IS....

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 22.30


Kawand, pasti sering kan denger yang namanya kasur ala Jepang, alias Futon. Di komik-komik sering banget kan di sebutin.hhi...

Nah, futon merupakan kasur tradisional yang biasa dipakai oleh masyarakat Jepang. Walaupun sudah banyak yang memakai kasur ala barat, tapi masih banyak juga kok orang yang senang menggunakan futon. Apalagi bagi mereka yang tinggal di rumah atau apartemen yang kecil. Mereka akan lebih memilih futon karena tidak terlalu memakan tempat.

Futon mempunyai ketebalan sekitar 5 cm atau kira-kira 2 inchi. Biasanya futon dijual seperangkat yang terdiri dari Shikibuton yaitu alas untuk kasur, Kakebuton atau kasur, dan Makura yaitu bantal.
Set seperti ini biasanya dijual seharga kurang lebih 10.000 yen.

Berbeda dengan kasur yang biasa kita gunakan, futon dirancang untuk digelar di atas lantai tatami. Dan karena keterbatasan ruang, jika tidak digunakan, futon akan disimpan dalam oshiire (lemari), sehingga ruangan pun dapat beralih fungsi menjadi ruang kerja atau ruang tamu. Selain itu, hal ini dilakukan agar tatami dapat "bernafas". Oshiire sendiri terdiri dari dua pintu yang di dorong.

Untuk melengkapi tempat tidur, pastinya kita harus membeli bantal, guling serta selimut secara terpisah kan... Tapi lain halnya dengan futon, kita harus membeli satu set yang sudah merangkap semuanya. Tadi udah aku sebutin kan apa aja, aku lebih jelasin lagi ya..

Shikibuton (Alas Kasur) : Lapisan tipis yang sudah diisi dengan kapas asli atau sintentis yang kemudian di bungkus dengan kain. Kain pembungkusnya pun berupa kain yang biasa di pakai untuk musim dingin.
 Kakebuton (Kasur) : Biasanya diisi dengan bulu angsa agar terasa ringan dan nyaman. Dan, sudah pasti bagian ini merupakan bagian termahal dari sebuah futon! Sebab, penggunaan kakebuton biasanya disesuaikan dengan musim! Pada musim dingin, digunakan kakebuton yang tebal, sedangkan pada musim panas digunakan kakebuton yang tipis. Ribet ribet...
Makura (Bantal) : Bantal yang berisi biji-bijian, atau manik-manik dari plastik. Bagi yang tidak terbiasa dengan bantal seperti ini, dapat diganti dengan bantal biasa yang berisi kapas atau bulu angsa.

Sebagai catatan, menginjak atau berjalan di atas futon dianggap tabu untuk masyarakat Jepang. Untuk pemeliharaannya futon perlu dijemur sekitar dua minggu sekali atau seminggu sekali. Sedangkan pada musim hujan karena kelembapan di Jepang cukup tinggi, diantara kakebuton dan shikibuton biasanya diselipkan futon kansouki yang berfungsi sebagai pemanas sehingga futon tidak basah karena lembap. Ternyata perawatan futon lebih berat daripada ranjang kita ya... :o

Saat dijemur, futon perlu ditebah dengan penebah yang biasanya terbuat dari bambu. Menurut ahli kesehatan tidur diatas futon ini lebih sehat daripada tidur di atas kasur yang empuk, lho~ sebab kerasnya lantai sangat baik untuk punggung kita, terutama bagi mereka yang memiliki sakit punggung dan pinggang. Perlu nih di rekomendasikan buat Engkong ato Nyak Babe.. :D

Dan ternyata futon bukan hanya di nikmati oleh orang Jepang, di barat pun futon digemari, lho~ Tapi, futon ala barat ini dirancang sesuai kebutuhan mereka. Biasanya futon ditaruh di atas penyanggah kayu sehingga bisa digunakan sebagai sofa, dan bisa juga diubah menjadi tempat tidur.

Nah, bagaimana dengan lu-lu pada?? Kalau teman-teman ingin menjadikan futon sebagai tempat tidur kedua, misalnya untuk tidur siang dan lain sebagainya, gue saranin sih untuk membeli futon yang tipis dan tidak banyak lipatan, agar tidur siang tidak terganggu.
Boleh-boleh saja sih kalau ingin membeli yang tebal.... Tapi pada umumnya futon yang tebal hanya digunakan untuk tidur pada malam hari atau tempat tidur utama. Sebab futon yang tebal biasanya mahal dan dirancang khusus untuk tidur dalam suhu dingin dan dalam waktu yang cukup lama.

Walaupun harganya tidak terbilang murah, namun seperti yang sudah gue jelasin, futon tidak berfungsi sebagai alas tidur saja, tapi dapat juga menyembuhkan sakit punggung. Selain itu, futon juga terasa lembut dan nyaman, serta menghemat ruang. 
Kalau pada mau mencoba menikmati pengalaman baru saat tidur dan ingin kamarnya lebih luas pada siang hari, tidak ada salahnya mencoba tidur dengan kasur ala Jepang ini.... ;)




~ HAPPY SLEEP WELL~

4 komentar on "FUTON IS...."

Vrindavan on 27 Maret 2012 13.34 mengatakan...

aku lagi cari kasur jepang ini nieh, ^^ dan baru tahu skarang aku, kalau namanya Futon ^^...hiii, makasih ya teh, salam kenal..refollow ya blog aku teh....

Fildzah Zhafrina on 2 April 2012 01.02 mengatakan...

done ya..
sama2 :)

Anonim mengatakan...

Mo numpantg nanya,,, Futon di indonesia kira2 harganya berapaan yah??? syp tw teteh pernah tau harganya..hihihi...

Fildzah Zhafrina on 10 Juli 2012 05.56 mengatakan...

hhe.. maaf gak tau.. :D siapin aja bujet yg lumayan..

Kamis, 10 November 2011

FUTON IS....



Kawand, pasti sering kan denger yang namanya kasur ala Jepang, alias Futon. Di komik-komik sering banget kan di sebutin.hhi...

Nah, futon merupakan kasur tradisional yang biasa dipakai oleh masyarakat Jepang. Walaupun sudah banyak yang memakai kasur ala barat, tapi masih banyak juga kok orang yang senang menggunakan futon. Apalagi bagi mereka yang tinggal di rumah atau apartemen yang kecil. Mereka akan lebih memilih futon karena tidak terlalu memakan tempat.

Futon mempunyai ketebalan sekitar 5 cm atau kira-kira 2 inchi. Biasanya futon dijual seperangkat yang terdiri dari Shikibuton yaitu alas untuk kasur, Kakebuton atau kasur, dan Makura yaitu bantal.
Set seperti ini biasanya dijual seharga kurang lebih 10.000 yen.

Berbeda dengan kasur yang biasa kita gunakan, futon dirancang untuk digelar di atas lantai tatami. Dan karena keterbatasan ruang, jika tidak digunakan, futon akan disimpan dalam oshiire (lemari), sehingga ruangan pun dapat beralih fungsi menjadi ruang kerja atau ruang tamu. Selain itu, hal ini dilakukan agar tatami dapat "bernafas". Oshiire sendiri terdiri dari dua pintu yang di dorong.

Untuk melengkapi tempat tidur, pastinya kita harus membeli bantal, guling serta selimut secara terpisah kan... Tapi lain halnya dengan futon, kita harus membeli satu set yang sudah merangkap semuanya. Tadi udah aku sebutin kan apa aja, aku lebih jelasin lagi ya..

Shikibuton (Alas Kasur) : Lapisan tipis yang sudah diisi dengan kapas asli atau sintentis yang kemudian di bungkus dengan kain. Kain pembungkusnya pun berupa kain yang biasa di pakai untuk musim dingin.
 Kakebuton (Kasur) : Biasanya diisi dengan bulu angsa agar terasa ringan dan nyaman. Dan, sudah pasti bagian ini merupakan bagian termahal dari sebuah futon! Sebab, penggunaan kakebuton biasanya disesuaikan dengan musim! Pada musim dingin, digunakan kakebuton yang tebal, sedangkan pada musim panas digunakan kakebuton yang tipis. Ribet ribet...
Makura (Bantal) : Bantal yang berisi biji-bijian, atau manik-manik dari plastik. Bagi yang tidak terbiasa dengan bantal seperti ini, dapat diganti dengan bantal biasa yang berisi kapas atau bulu angsa.

Sebagai catatan, menginjak atau berjalan di atas futon dianggap tabu untuk masyarakat Jepang. Untuk pemeliharaannya futon perlu dijemur sekitar dua minggu sekali atau seminggu sekali. Sedangkan pada musim hujan karena kelembapan di Jepang cukup tinggi, diantara kakebuton dan shikibuton biasanya diselipkan futon kansouki yang berfungsi sebagai pemanas sehingga futon tidak basah karena lembap. Ternyata perawatan futon lebih berat daripada ranjang kita ya... :o

Saat dijemur, futon perlu ditebah dengan penebah yang biasanya terbuat dari bambu. Menurut ahli kesehatan tidur diatas futon ini lebih sehat daripada tidur di atas kasur yang empuk, lho~ sebab kerasnya lantai sangat baik untuk punggung kita, terutama bagi mereka yang memiliki sakit punggung dan pinggang. Perlu nih di rekomendasikan buat Engkong ato Nyak Babe.. :D

Dan ternyata futon bukan hanya di nikmati oleh orang Jepang, di barat pun futon digemari, lho~ Tapi, futon ala barat ini dirancang sesuai kebutuhan mereka. Biasanya futon ditaruh di atas penyanggah kayu sehingga bisa digunakan sebagai sofa, dan bisa juga diubah menjadi tempat tidur.

Nah, bagaimana dengan lu-lu pada?? Kalau teman-teman ingin menjadikan futon sebagai tempat tidur kedua, misalnya untuk tidur siang dan lain sebagainya, gue saranin sih untuk membeli futon yang tipis dan tidak banyak lipatan, agar tidur siang tidak terganggu.
Boleh-boleh saja sih kalau ingin membeli yang tebal.... Tapi pada umumnya futon yang tebal hanya digunakan untuk tidur pada malam hari atau tempat tidur utama. Sebab futon yang tebal biasanya mahal dan dirancang khusus untuk tidur dalam suhu dingin dan dalam waktu yang cukup lama.

Walaupun harganya tidak terbilang murah, namun seperti yang sudah gue jelasin, futon tidak berfungsi sebagai alas tidur saja, tapi dapat juga menyembuhkan sakit punggung. Selain itu, futon juga terasa lembut dan nyaman, serta menghemat ruang. 
Kalau pada mau mencoba menikmati pengalaman baru saat tidur dan ingin kamarnya lebih luas pada siang hari, tidak ada salahnya mencoba tidur dengan kasur ala Jepang ini.... ;)




~ HAPPY SLEEP WELL~

4 komentar:

Vrindavan mengatakan...

aku lagi cari kasur jepang ini nieh, ^^ dan baru tahu skarang aku, kalau namanya Futon ^^...hiii, makasih ya teh, salam kenal..refollow ya blog aku teh....

Fildzah Zhafrina mengatakan...

done ya..
sama2 :)

Anonim mengatakan...

Mo numpantg nanya,,, Futon di indonesia kira2 harganya berapaan yah??? syp tw teteh pernah tau harganya..hihihi...

Fildzah Zhafrina mengatakan...

hhe.. maaf gak tau.. :D siapin aja bujet yg lumayan..

 

CHEER UP!! がんばって~ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal