Selasa, 20 Desember 2011

MANAJEMEN KONFLIK DAN KOMUNIKASI

Diposting oleh Fildzah Zhafrina di 14.20
Definisi Konflik
Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

·         Jenis-jenis Konflik
Menurut Dahrendorf, konflik dibedakan menjadi:
1.    Konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran (role))
2.    Konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).
3.    Konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa).
4.    Koonflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara)
5.    Konflik antar atau tidak antar agama
6.    Konflik antar politik.

·         Sumber Konflik
1.    faktor komunikasi (communication factors)
2.    faktor struktur tugas maupun struktur organisasi (job structure or organization structure)
3.    faktor yang bersifat personal. (personal factors)
4.    faktor lingkungan (environmental factors)

·         Penyelesaian Dan Penghilangan Konflik
1.    Penghindaran Konflik dengan jalan penghindaran sumber-sumber konflik
2.    Intervensi terhadap pihak-pihak yang terlibat konflik untuk melakukan kompromi
3.    Mengakomodasi keinginan pihak-pihak yang terlibat konflik dalam suatu forum penyelesaian konflik.

·         Definisi Motivasi
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

·         Teori Motivasi
1.    TEORI MOTIVASI ABRAHAM MASLOW (1943-1970)
Abraham Maslow (1943;1970) mengemukakan bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. Ia menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid, orang memulai dorongan dari tingkatan terbawah. Lima tingkat kebutuhan itu dikenal dengan sebutan Hirarki Kebutuhan Maslow, dimulai dari kebutuhan biologis dasar sampai motif psikologis yang lebih kompleks; yang hanya akan penting setelah kebutuhan dasar terpenuhi.


2.        TEORI MOTIVASI HERZBERG (1966)
Menurut Herzberg (1966), ada dua jenis faktor yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor itu disebutnya faktorhigiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). Faktor higiene memotivasi seseorang untuk keluar dari ketidakpuasan, termasuk didalamnya adalah hubungan antar manusia, imbalan, kondisi lingkungan, dan sebagainya (faktor ekstrinsik), sedangkan faktor motivator memotivasi seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan.


KOMUNIKASI

·         Definisi Komunikasi
proses dimana seseorang berusaha untuk memberikan pengertian atau pesan kepada orang lain melalui pesan simbolis. the process by which people attempt to share meaning via the transmission of symbolic messages 
   (Stoner, Freeman & Gilbert, 1995)
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
1. sumber(source)
2. pengubahan berita ke dalam sandi (encoding)
3. pengiriman berita : lisan dan tertulis
4. pengiriman berita
5. penerjemahan kembali berita(decoding)
6. umpan balik (feedback)

·         Hambatan dalam Berkomunikasi

HAMBATAN INDIVIDUAL
HAMBATAN ORGANISASIONAL
Kesalahpahaman dalam memahami pesan
Semantik
Kredibilitas Individu
Perbedaan Tingkatan Manajemen
Keterbatasan dalam berkomunikasi
Persepsi yang berbeda antar bagian
Kemampuan Mendengarkan yang rendah
Kelebihan Beban Kerja
Penilaian awal terhadap subjek tertentu
Hambatan-hambatan lain
 

·         Jaringan Komunikasi

0 komentar on "MANAJEMEN KONFLIK DAN KOMUNIKASI"

Selasa, 20 Desember 2011

MANAJEMEN KONFLIK DAN KOMUNIKASI

Definisi Konflik
Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

·         Jenis-jenis Konflik
Menurut Dahrendorf, konflik dibedakan menjadi:
1.    Konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran (role))
2.    Konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).
3.    Konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa).
4.    Koonflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara)
5.    Konflik antar atau tidak antar agama
6.    Konflik antar politik.

·         Sumber Konflik
1.    faktor komunikasi (communication factors)
2.    faktor struktur tugas maupun struktur organisasi (job structure or organization structure)
3.    faktor yang bersifat personal. (personal factors)
4.    faktor lingkungan (environmental factors)

·         Penyelesaian Dan Penghilangan Konflik
1.    Penghindaran Konflik dengan jalan penghindaran sumber-sumber konflik
2.    Intervensi terhadap pihak-pihak yang terlibat konflik untuk melakukan kompromi
3.    Mengakomodasi keinginan pihak-pihak yang terlibat konflik dalam suatu forum penyelesaian konflik.

·         Definisi Motivasi
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

·         Teori Motivasi
1.    TEORI MOTIVASI ABRAHAM MASLOW (1943-1970)
Abraham Maslow (1943;1970) mengemukakan bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. Ia menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid, orang memulai dorongan dari tingkatan terbawah. Lima tingkat kebutuhan itu dikenal dengan sebutan Hirarki Kebutuhan Maslow, dimulai dari kebutuhan biologis dasar sampai motif psikologis yang lebih kompleks; yang hanya akan penting setelah kebutuhan dasar terpenuhi.


2.        TEORI MOTIVASI HERZBERG (1966)
Menurut Herzberg (1966), ada dua jenis faktor yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor itu disebutnya faktorhigiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). Faktor higiene memotivasi seseorang untuk keluar dari ketidakpuasan, termasuk didalamnya adalah hubungan antar manusia, imbalan, kondisi lingkungan, dan sebagainya (faktor ekstrinsik), sedangkan faktor motivator memotivasi seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan.


KOMUNIKASI

·         Definisi Komunikasi
proses dimana seseorang berusaha untuk memberikan pengertian atau pesan kepada orang lain melalui pesan simbolis. the process by which people attempt to share meaning via the transmission of symbolic messages 
   (Stoner, Freeman & Gilbert, 1995)
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
1. sumber(source)
2. pengubahan berita ke dalam sandi (encoding)
3. pengiriman berita : lisan dan tertulis
4. pengiriman berita
5. penerjemahan kembali berita(decoding)
6. umpan balik (feedback)

·         Hambatan dalam Berkomunikasi

HAMBATAN INDIVIDUAL
HAMBATAN ORGANISASIONAL
Kesalahpahaman dalam memahami pesan
Semantik
Kredibilitas Individu
Perbedaan Tingkatan Manajemen
Keterbatasan dalam berkomunikasi
Persepsi yang berbeda antar bagian
Kemampuan Mendengarkan yang rendah
Kelebihan Beban Kerja
Penilaian awal terhadap subjek tertentu
Hambatan-hambatan lain
 

·         Jaringan Komunikasi

0 komentar:

 

CHEER UP!! がんばって~ Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal